POPULAR STORIES

Pabrik Di Cikarang Akan Produksi Vespa Listrik? Ini Kata Piaggio Indonesia

Pabrik di Cikarang akan Produksi Vespa Listrik? Ini Kata Piaggio Indonesia Vespa Electrica

KabarOto.com - Piaggio Group merupakan salah satu produsen sepeda motor asal Eropa. Memiliki dua motor listrik bernama Vespa Elettrica dan Piaggio One, diluncurkan pada 2021 lalu. Tampilannya modern, dan cukup banyak digunakan di Eropa.

Sementara itu, Piaggio Indonesia, bagian dari Piaggio Group, sudah membangun pabrik pertakitan di Cikarang, Jawa Barat. Namun sayang, baru memproduksi Vespa LX125 saja, belum membuat model lainnya, termasuk listrik.

Baca Juga: Ada 7 Motif Batik Di Vespa LX125, Ini Daerah Asalnya

Lalu kapan pabrik tersebut bisa memproduksi skuter listrik? PR & Communications Manager PT Piaggio Indonesia (PID) Ayu Hapsari menyebutkan, peluang pabrik Piaggio Indonesia di Cikarang untuk memproduksi motor listrik bisa saja terealisasi.

Vespa LX125 yang diproduksi di pabrik Cikarang, Jawa Barat (Foto: KabarOto)

Untuk mewujudkannya, mereka harus melakukan riset dan kajian, terkait demand dari pasar lebih dahulu. Saat ini, Piaggio Indonesia masih ingin memperlebar jaringannya dahulu, jadi ketika vespa listrik sudah hadir bisa maksimal layanannya.

"Memang tahun ini kita baru memproduksi Vespa LX 125. Namun sangat memungkinkan akan ada model-model atau merek lain yang diproduksi. Karena pabrik ini baru diresmikan pasti akan ada improvement," terang Ayu, Selasa (13/12/2022).

Seperti diketahui, Kementerian Perindustrian targetkan industri otomotif Indonesia bisa memproduksi 400 ribu unit Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) pada 2025. Jumlah itu sebanyak 25% dari total produksi kendaraan bermotor roda empat di Indonesia, 1,6 juta unit pada 2025.

Baca Juga: Apa Saja Aktivitas Dan Program Piaggio Indonesia Setelah Pabrik Lokal Dibangun?

Pemerintah pun sudah mempersiapkan subsidi untuk masyarakat yang ingin membeli motor dan mobil listrik. Tujuannya, untuk mendorong percepatan pertumbuhan industri kendaraan listrik.