POPULAR STORIES

Pembalap Formula 1 Pamerkan Mobil Rally Barunya

Pembalap Formula 1 Pamerkan Mobil Rally Barunya

KabarOto.com - Pembalap F1 dari tim Mercedes, Valtteri Bottas dijadwalkan mengikuti ajang reli tahunan bertajuk Arctic Lapland Rally yang digelar sekitar dua bulan sebelum putaran pertama kejuaraan Formula 1 2019 berlangsung (24-26/1/2019) di kawasan Rovaniemi, Lapland, Finlandia.

Bottas akan melakoni debut reli dengan mobil Ford Fiesta, kendaraan yang sebelumnya dijagokan oleh Sebastian Ogier ketika meraih gelar World Rally Championship di dua musim terakhir. Bottas juga akan didampingi oleh co-driver yang merupakan rekan setim Marcus Gronholm saat mengantarkan ke tangga juara dunia pada tahun 2000 dan 2002, Timo Rautiainen.

Namun sebelum kejuaraan reli itu benar-benar bergulir, Bottas menampilkan cuplikan livery baru mobil M-Sport Ford Fiesta RS WRC yang akan dikemudikannya bersama Rautiainen. Dalam postingan tersebut, terlihat jelas bahwa mobil didominasi warna putih dan biru, serta tertempel nomor balapan F1 tetapnya, yakni 77.

Dilansir dari motorsportweek, sebenarnya sangat jarang pembalap diberi izin untuk ambil bagian dalam acara di luar
F1, terutama reli, yang membawa faktor risiko lebih tinggi. Seperti contohnya dulu, pada tahun 2011, pembalap masa depan Williams F1, Robert Kubica, pernah mengambil bagian dalam acara reli yang akhirnya membuat dia absen selama beberapa tahun dari balapan jet darat.

Baca Juga: Junior World Rally Championship 2019 Bakal Gunakan Mobil Baru

Kubica, kala itu, mengalami kecelakaan hebat yang menyebabkan dirinya mengalami cedera parah. Insiden tersebut bahkan memberi dampak buruk bagi karir balapnya karena Kubica didiagnosa mengalami keterbatasan dalam pergerakan pergelangan tangannya usai sembuh.

Mantan bos Scuderia Ferrari, Stefano Domenicali pernah berujar bahwa Kubica tidak akan bisa untuk kembali balapan dengan cedera fisik tersebut. Namun, perlahan pembalap asal Polandia ini mampu menunjukkan kalau dirinya masih bisa bersaing di kejuaraan Rally dunia.

Namun karena ini adalah suatu hal yang baru bagi Bottas, maka ia pun nampak bersemangat menjelang debutnya ini. "Ini adalah kesempatan unik untuk mengintip dunia reli, dan saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membuatnya menjadi mungkin," kata Bottas.

"Ini juga wilayah yang benar-benar baru bagi saya, karena saya tidak memiliki pengalaman sebelumnya tentang World Rally Car. Namun, sebagai seorang pembalap mobil, saya harus selalu pergi kemana pun, bersama kendaraan yang akan kita kendarai," pungkasnya.