Junior World Rally Championship 2019 Bakal Gunakan Mobil Baru

Junior World Rally Championship 2019 Bakal Gunakan Mobil Baru Selain mesin, bagian lain yang juga dikembangkan oleh tim teknisi adalah penggunaan transmisi pada mobil tersebut. (Foto: WRC)

KabarOto.com - Junior World Rally Championship 2019 bakal menghadirkan mobil baru untuk musim depan. Adalah All New Ford Fiesta R2 yang kali ini disiapkan sebagai senjata baru untuk pereli junior. Mobil dengan layout front-wheel drive tersebut, sudah dipersiapkan dengan baik di fasilitas mereka yang terletak di Krakow, Polandia.

Para insinyur pun diketahui telah melakukan desain ulang pada mobil tersebut. Salah satu elemen yang masih dipertahankan adalah mesin dengan kapasitas 999 cc turbocharged. Meski demikian, mobil yang aslinya memiliki tenaga sebesar 170 dk, ini kini telah mengalami lonjakan menjadi 200 dk.

Selain mesin, bagian lain yang juga dikembangkan oleh tim teknisi adalah penggunaan transmisi pada mobil tersebut. Kini, All New Ford Fiesta R2 mengadopsi Sadev dengan sistem lima percepatan sequential. Hal tersebut termasuk penggunaan suspensi baru yakni tipe adjustable dari Reiger dan menggunakan per dari Eibach.

Baca Juga: Subaru WRX STi Milik Juara Nasional Speed Rally Ini Hasil Modifikasi Prodrive Inggris

Dalam keterangannya, Maciej Woda, board of member M-Sport Poland, percaya bahwa mobil baru ini mampu menyediakan platform yang kuat untuk bintang reli di masa depan. Terlebih, baginya pengembangan mobil tersebut juga melibatkan insinyur yang terinspirasi oleh keberhasilan Ford Fiesta di WRC sebagai Juara Dunia 2018.

"Tetapi, filosifi utama dari Fiesta R2 tetap untuk mengasah keterampilan mereka dan menunjukan apa yang dapat mereka lakukan pada tahap awal karir mereka. Setiap komponen telah dirancang untuk membuat mobil baru ini sekuat dan seinovatif mungkin dalam regulasi," ujarnya.

Baca Juga: Jeep Cherokee Ini Dirombak Total Agar Bisa Ngebut Di Atas Tanah

Spesifikasi All New Ford Fiesta R2 Junior WRC:

  • Engine Turbocharged 999cc Ford EcoBoost Technology.
  • Power 200 dk at 6,500 RPM
  • Torque 290Nm at 4,000 RPM
  • Transmission New Sadev five speed sequential gearbox with plated limited slip differential.
  • Suspension New Reiger adjustable dampers with Eibach springs. Front 3-way, rear 2-way adjustable.
  • Brakes Alcon competition calipers.
  • Ventilated AP Racing front discs (Gravel 285mm, Tarmac 310mm).
  • Rear Alcon solid discs 280mm. Hydraulic handbrake with Alcon master cylinder.
  • Steering Electric power-assisted steering, column mounted.
  • Wheels OZ Racing – Gravel 6x15’’ / Tarmac 6,5x16’’ / 5 stud hub.
  • Electronics Life Racing F88 Engine Control Unit and Digital Dashboard. 3 stage Anti-Lag system. M-Sport Power Distribution unit