POPULAR STORIES

Pemberian Subsidi Akan Menarik Produsen Kendaraan Listrik Masuk Ke Indonesia

Pemberian Subsidi akan Menarik Produsen Kendaraan Listrik Masuk ke Indonesia Wuling Air ev salah satu kendaraan listrik yang mendapatkan subsidi dari Pemerintah (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Pemerintah Indonesia mulai memberikan subsidi untuk konsumen yang ingin membeli kendaraan listrik. Insentif sebesar Rp 7 juta diberikan untuk motor listrik, dan mulai berlaku 20 Maret 2023. Sementara itu, mobil listrik juga truk listrik akan mulai diumumkan pada 1 April 2023 mendatang.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, insentif kendaraan listrik ini, nantinya akan menarik produsen kendaraan listrik masuk ke Indonesia.

Baca Juga: Pemerintah Dorong Sistem Swap Baterai Tekan Harga Kendaraan Listrik

"Kebijakan ini dapat menarik produsen KBLBB untuk membangun pabriknya Indonesia, sehingga terdapat lebih banyak pilihan KBLBB di pasar untuk diberi masyarakat," jelas Luhut saat konferensi pers Peluncuran Kebijakan Bantuan Pemerintah untuk KBLBB, beberapa waktu lalu.

Motor listrik United mendapat subsidi dari Pemerintah (Foto: KabarOto)

Ia juga menyampaikan, program ini dilakukan secara bertahap. Dalam menjalankan prosesnya, Pemerintah juga bekerja sama dengan berbagai produsen-produsen KBLBB di dalam negeri, agar pemenuhan KBLBB tercukupi.

Untuk diketahui, ada 200 ribu unit sepeda motor listrik baru akan mendapatkan subsidi sebesar Rp 7 jutaPemerintah sebesar Rp 7 juta per unit. Nilai yang sama, juga diberikan untuk konversi dari motor konvensional menjadi listrik, jumlahnya mencapai 50.000 unit.

Baca Juga: Pesan Mobil Listrik Sekarang, Dapat Subsidi Setelah Pemerintah Umumkan Besarannya

Luhut berharap, berbagai kebijakan lainnya transportasi Indonesia bisa bertransformasi menuju arah industri yang lebih hijau, sehingga industri yang terbangun akan memperkuat posisi Indonesia di rantai nilai sumber daya mineral baterai serta kendaraan.

Baca JUga:

Percepatan program KBLBB ini juga akan memberikan dampak positif bagi terciptanya lapangan kerja sebanyak-banyaknya khususnya di sektor ekosistem industri KBLBB.