Pengembangan Pariwisata Indonesia Apresiasi Semua Pihak Yang Dukung MotoGP Mandalika

Pengembangan Pariwisata Indonesia Apresiasi Semua Pihak yang Dukung MotoGP Mandalika itdc

KabarOto.com - Setelah Moto 3 dan Moto 2 race berlangsung dalam cuaca panas, MotoGP race Mandalika 2022 dilangsungkan dengan trek basah akibat hujan, yang klaimnya tetap disaksikan dengan semangat oleh kurang lebih 60 ribu penonton.

Kegiatan balapan Pertamina Grand Prix of Indonesia turut ditonton langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di lokasi Sirkuit yang juga menyerahkan trofi penghargaan kepada para pemenang MotoGP. PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/ Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) juga menyampaikan apresiasinya.

Hasil race MotoGP di Pertamina Mandalika Circuit dimenangkan berturut-turut oleh Miguel Oliveira dari Red Bull KTM Factory Racing, Fabio Quartararo dari Monster Energy Yamaha MotoGP, dan Johann Zarco dari Pramac Racing.

Baca juga: Rara, Pawang Yang Hentikan Hujan Di Mandalika Mengaku Tak Bisa Diintervensi

Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer menyampaikan, “Perhelatan akbar MotoGP di The Mandalika yang kami rintis sejak kurang lebih lima tahun ini, akhirnya terwujud berkat dukungan besar seluruh stakeholders, mulai pemerintah pusat dan daerah, BUMN, pihak swasta, bahkan seluruh masyarakat. Kolaborasi ini menunjukkan bahwa event MotoGP bukan hanya milik ITDC dan MGPA saja, tapi milik seluruh Indonesia.”

Dalam mendukung penyelenggaraan balap ini, sejumlah dukungan pendanaan telah diterima oleh ITDC Group, mulai dari pembiayaan oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Impor (LPEI) dengan skema National Interest Account untuk melakukan pembangunan pekerjaan tanah/ groundwork Sirkuit sampai penambahan Penyertaan Modal Negara (PMN) dan fasilitas kredit sindikasi HIMBARA untuk pendanaan pengaspalan main track dan sarana prasarana Sirkuit.

ITDC Group juga menerima dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melalui Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) untuk pengadaan 28 bidang tanah Penetapan Lokasi (Penlok) 2 untuk membangun fasilitas penunjang Sirkuit. Disamping itu, juga melalui Kemenparekraf, ITDC Group mendapatkan dukungan hosting fee untuk penyelenggaraan event balap 2022-2023 di The Mandalika.

Baca Juga: Darry Binder Merasa Keren Salip Kakaknya Saat Wet Race Mandalika

Kementerian PUPR diklaim juga memiliki peran yang penting dalam mendukung penyelenggaraan event MotoGP yang telah membangun infrastruktur pendukung dan menata kawasan The Mandalika seperti bypass Bandara Zainuddin Abdul Madjid (ZAM) ke Kawasan The Mandalika sepanjang 17,3 km, pelebaran jalan akses Kuta-Keruak sepanjang 5,5 km dengan penambahan lajur menjadi 4 lajur, pembuatan saluran drainase beton di tepi badan jalan, penataan kawasan dengan mengadopsi penghijauan, penataan koridor jalan, serta perbaikan alinyemen vertikal dan horizontal jalan eksisting.

Kementerian PUPR juga telah membangun sarana hunian pariwisata (sarhunta) yang menjadi dukungan alternatif penginapan bagi penonton yang menuju The Mandalika selama event MotoGP berlangsung.

Selain berkolaborasi dengan PT Wijaya Karya (Persero) dan PT PP (Persero) dalam pembangunan Sirkuit, ITDC Group juga berkolaborasi dengan sejumlah BUMN dan perusahaan di Indonesia untuk penyelenggaraan MotoGP 2022 melalui sponsorship Mandalika GP Series.

Baca juga: Menuju Sirkuit Mandalika Bawa Mobil Sendiri, Ini Paduannya

Dukungan yang dinilai tak kalah penting adalah dari TNI dan Polri. TNI dan Polri telah all out mendukung mulai saat persiapan maupun saat penyelenggaraan. Ribuan personel TNI-Polri telah diterjunkan guna membantu pengamanan event ini dan hasilnya adalah event MotoGP berlangsung aman dan kondusif.

“Sukses penyelenggaraan MotoGP 2022 adalah sukses bersama. Dengan rencana penyelenggaraan MotoGP-WSBK selama 10 tahun di Indonesia, kami berharap kolaborasi yang telah terjalin selama ini akan terus berlanjut ke depan,” tambah Abdulbar.