POPULAR STORIES

Penyebab AC Mobil Tak Dingin

Penyebab AC Mobil Tak Dingin Penyebab AC tidak dingin saat digunakan (KabarOto/Ahmad Djainudin)

KabarOto.com - Salah satu fitur pelengkap kendaraan adalah pendingin udara alias air conditioner. Keberadaannya menjadi kebutuhan primer ketika membeli mobil guna menunjang kenyamanan berkendara.

Terlebih bagi pengendara yang tinggal di ibu kota dengan eksistensi pengguna jalan ramai kendaraan yang menimbulkan kemacetan arus lalu lintas, ditambah suhu udara yang panas, keberadaan air conditioner (AC) sangat dibutuhkan.

Baca Juga:

Namun, terkadang pengguna kendaraan roda empat tidak peduli bahkan lebih terkesan cuek memperhatikan kondisi AC. Seperti yang dikatakan Nanang, kepala bengkel di bilangan Jakarta Barat.

"Ada beberapa komponen pada AC yang harus diperhatikan seperti motor fan, dan panel saluran yang mengeluarkan udara dari AC," kata Nanang kepada KabarOto, Minggu (25/12/2017).

"Bila tidak diperhatikan bisa menyebabkan mesin panas ketika dinyalakan, dan terkadang terdapat penyumbatan pada saluran AC akibat ada benda masuk dan membuat saluran udara tak maksimal."

Nanang menyarankan, jika mobil akan melakukan perjalanan jauh dan berusia lebih dari 3 tahun, sebaiknya lakukan pergantian motor fan.

"Risikonya, jika tiba-tiba mati di jalan saat perjalanan jauh, biaya akan jauh akan lebih besar dibandingkan hanya mengganti di bengkel dengan budget yang lebih murah," pungkas Nanang. .