POPULAR STORIES

Per Potkit, Cara Gaul Mobil Ceper Jaman Dulu

Per Potkit, Cara Gaul Mobil Ceper Jaman Dulu Foto : KabarOto.com.

KabarOto.com - Jika Sobat KabarOto yang hobi modifikasi mobil di era 80-90an pastinya familiar dengan istilah per potkit atau potong dikit atau per kustom, adalah cara agar mobil bisa lebih ceper dari standarnya.

Kalau zaman sekarang sudah banyak cara membuat ceper mobil, mulai dari sport kit, coilover, hingga air suspension. Namun dulu barang-barang tersebut masih cukup mahal, dan tidak sebanyak seperti sekarang pilihannya.

Baca Juga : Honda Civic FD1 Ini Jadi Pelampiasan Hasrat Modifikasi Seorang Ayah

Namun jangan salah, sampai sekarang per kustom masih cukup diminati, terutama yang per aftermarket-nya tidak ada di pasaran. Sedikit penjelasan, per kustom sendiri menggunakan per orisinal dari bawaan pabrik, lalu dipilih karakternya dan dipotong agar ketinggiannya dapat disesuaikan.

“Kalau per custom itu menggunakan per standar mobil lain, lalu kita custom dengan cara dipotong dan tingginya sesuai kemauan konsumen," Iman Amarta selaku pemilik bengkel Amarta Per.

Baca Juga : Modifikasi Suzuki Jimny Jadi Camper, Manfaatkan Ruang Kecil Agar Camping Nyaman

Ilustrasi per aftermarket dan per kustom.

Untuk per kustom ini sebenarnya punya kelebihan tersendiri, yakni bisa minta sesuai kebutuhan pemilik, misalnya per kurang keras atau mau lebih lembut dari sebelumnya. Lalu tidak hanya ceper saja, tapi juga dalam kondisi normal seperti standarnya pun bisa.