POPULAR STORIES

Perhatikan Bagian Ini Sebelum Membeli BMW Seri-3 E90

Perhatikan Bagian Ini Sebelum Membeli BMW Seri-3 E90 BMW 325i E90 (foto : Rizky/Kabaroto)

KabarOto.com – BMW Seri-3 E90 merupakan sedan entry level yang memiliki tampilan menarik dengan berbagai pilihan mesin serta harganya yang kini cukup terjangkau.

Tetapi, sebelum meminang BMW Seri-3 dengan kode bodi E90. Sobat KabarOto perlu memerhatikan beberapa bagian yang harus diwaspadai. Pasalnya, beberapa komponen tersebut cukup menguras kantong nih Sob.

Baca juga: Ingin Beli BMW X1 E84? Siap-Siap Rutin Ganti Part Ini

Hal paling penting yang harus diperhatikan, jika membeli model E90 sebelum facelift atau LCI harus memperhatikan bagian sistem mechatronic di bagain transmisinya.

“Iya, soal mechatronic memang menjadi masalah utama mobil ini. Tetapi, jika ingin awet bisa dengan mengganti oli transmisi setiap 40.000 km. Untuk pengantian mechatronic ini sekarang juga lebih murah yaitu Rp 15 juta kalau sebelumnya itu bisa Rp 25 jutaan,” ungkap Gilang selaku pemilik diler mobil bekas Karunia Panca Selaras.

Bagian mechatronic ini cepat rusak karena banyak pengguna BMW E90 yang menggangap oli transmisi matik mobil ini memiliki lifetime seumur hidup sehingga tidak perlu diganti. Gilang juga menambahkan bahwa dengan mengeluarkan Rp 15 juta tersebut sudah termasuk suku cadang copotan dari Singapura.

Baca juga: Review Mobil Bekas: BMW X5 E53 2003

Selain itu, hal lainnya yang harus diperhatikan bagian mesin yaitu variable valve tronic (VVT). Lalu, bagian ECU harus diperhatikan. Karena, sebelum model LCI masih menggunakan ECU DME, Jika sebelum membeli Sobat harus memerhatikan indikator warning di instrumen kluster. Jika banyak warning yang muncul artinya harus memeriksa bagian ECU.

Soal range harga, BMW Seri-3 E90 cukup beragam dan menggiurkan yaitu mulai dari Rp 135 juta hingga Rp 175 jutaan. Tetapi, untuk varian 325i memiliki harga yang lebih tinggi. Jika ingin meminang model E90 LCI harganya mulai dari Rp 180 jutaan.