POPULAR STORIES

Perhatikan Ini Sebelum Membeli BMW Seri 3 E90 Facelift Lansiran 2009-2012

Perhatikan Ini Sebelum Membeli BMW Seri 3 E90 Facelift Lansiran 2009-2012 Foto: Abercio

KabarOto.com - Dilengkapi berbagai macam fitur canggih, BMW seri 3 E90 facelift lansiran 2009-2012, kini cukup digemari dan menjadi primadona di bursa mobil bekas. Tapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil ini.

Selain canggih, mobil tersebut juga sudah mempunyai girboks otomatis yang tidak rewel seperti generasi sebelumnya, sehingga di kisaran harga Rp 160 juta hingga Rp 240 jutaan, tergantung tipe dan tahun, mobil tersebut laris di pasaran mobil bekas,ujar Ditya Satria, Manajer gerai mobil bekas spesialis BMW, Karunia Panca Selaras di Blok M, Jakarta.

Lalu, apa saja selengkapnya yang harus diperhatikan jika Anda ingin meminangnya?

1. Fisik Mobil

BMW E90 Facelift
BMW E90 320i Facelift

Baca juga: Mika Lampu Depan Menguning? Turtle Wax Punya Solusinya

Pastikan mobil pilihan Anda tidak bekas tabrakan dan banjir. Ini dapat terlihat dari celah nat yang biasanya tidak rata. Celah yang dimaksud terdiri dari bagian nat kap mesin, bumper depan atau belakang, nat pintu, dan bagasi. Perhatikan celah-celah nat pada bagian tersebut. Umumnya mobil yang pernah mengalami tabrakan tidak akan bisa presisidi bagian celah ini, ujar Satria, panggilan akrabnya.

Satria pun menambahkan, untuk memperhatikan warna catnya. Biasanya jika terjadi perbedaan warna di dalam ruang mesin dengan warna bagian luar, maka patut curiga. Biasanya warna di ruang mesin lebih menguning karena kotor.

Periksa juga tulangan tempat dudukan karet yang bergelombang. Cara melihatnya cukup mudah, dengan menarik karet-karet yang ada di bagian bodi seperti bagasi, pintu, dan kap mesin jika ada,” sambung pria berpostur tegap ini.

2. ECU

ECU Biasanya rusak karena terendam air

Karena umur pemakaian, ECU BMW E90 sudah mulai banyak yang rusak. Biasanya penyebabnya karena terlambat mengganti aki, sehingga aliran listrik ke ECU tidak stabil. Lalu karena jalur pembuangan mampet, ECU juga suka terendam air sehingga rusak,” ujar James Steven atau akrab disapa Afon, pemilik bengkel spesialis BMW Karunia Jaya Abadi di Fatmawati, Jakarta Selatan.

Afon menjelaskan, jika sudah rusak harus diganti. Karena jika diperbaiki umurnya biasanya tidak lama. Biaya penggantiannya kurang lebih sekitar Rp 15 juta.

"Jika ada indikasi rusak, Anda dapat melihat tanda check engine menyala di layar iDrive. Sebaiknya sebelum membeli mobil tersebut, bisa dibawa dulu ke bengkel BMW untuk dicek dengan komputer," sebut Afon.

Baca juga: Pelumas Untuk Merawat Mobil Lama Dan Baru Berbeda, Simak Informasinya

3. Modul FRM

Jika rusak, lampu tetap menyala meski switch dalam posisi mati.

Modul FRM merupakan modul yang mengatur lampu, wiper, power window, dan lain-lain. Sama seperti ECU, modul FRM suka rusak karena terlambat mengganti aki dan juga terendam air,” ujar Afon.

Indikasi jika rusak, lampu depan, wiper, hingga power window suka menyala sendiri, atau tidak mau dioperasikan sama sekali. Terkadang juga muncul notifikasi “electrical failure” di layar iDrive. Jika rusak, biaya perbaikannya antara Rp 3-5 juta tergantung kesulitannya. Jika harus diganti, memakan biaya Rp 8 juta.

Itu kira-kira hal yang mesti Anda perhatikan sebelum membeli BMW E90 facelift.