POPULAR STORIES

Perluasan Wilayah Ganjil Genap, Dishub: Konsepnya Belum Selesai Dikaji

Perluasan Wilayah Ganjil Genap, Dishub: Konsepnya Belum Selesai Dikaji eraturan Gubernur Nomer 155/2018 yang telah ditandatangani oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

KabarOto.com - Beredarnya kabar terkait wacana Pemerintah untuk memperluas wilayah ganjil genap di DKI Jakarta, sampai saat ini masih belum selesai dari proses diskusi. Setelah selesai mengkaji skenario ganjil genap, Syafrin Liputo selaku Kepala Dishub DKI akan langsung melaporkan ke Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta.

"Saya berharap sih Jumat paling lambat kajian (konsep gage) itu sudah saya selesaikan dan saya laporkan kepada Pak Gubernur untuk memilih, menetapkan alternatif perluasan yang mena," jelas Syafrin saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (06/08).

Foto: Antara/Widodo S Yusuf

Berbagai skenario yang dirancang akan dilakukan langkah percobaan atau simulasi satu persatu. Dimana konsep yang paling optimal akan dipilih oleh Anies Baswedan. Terdapat dua aspek yang bakal dinilai, yaitu aspek kinerja traffic dan lingkungan.

Baca Juga: BSD Link, Muter BSD Serpong Gratis Loh!

"Memang targetnya Pak Gubernur ke kami itu pada minggu ini, awal minggu ini sudah harus disampaikan. Tapi ternyata kan ini belum selesai untuk kajiannya," tambahnya.

Salah satu di dalam point Ingub itu Anies berniat untuk menerapkan perluasan rute ganjil-genap selama sepanjang tahun. Seperti bunyi Ingub (Instruksi Gubernur) No. 66 Tahun 2019 yang berbunyi, Mendorong partisipasi warga dalam pengendalian kualitas udara melalui perluasan kebijakan ganjil-genap sepanjang tahun.

Sesuai dengan yang dijelaskan oleh Syafrin, untuk saat ini kajiannya belum selesai. Sehingga belum ada keputusan apapun dari Dishub maupun Gubernur. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan tidak termakan hoax yang beredar di media sosial karena belum ada keputusan final dari pihak terkait.

Baca Juga: Ingin Jajal MRT Naik Bus? Ini Rute & Tarif Transjakarta Bintaro Dan BSD