POPULAR STORIES

Permen ESDM 3/2023 Siap Gairahkan Program Konversi Motor Listrik

Permen ESDM 3/2023 Siap Gairahkan Program Konversi Motor Listrik Motor berbahan bakar bensin yang siap dikonversi ke listrik (KabarOto)

KabarOto.com - Selain mencari investor yang menyediakan pertukaran (swap) baterai motor listrik, pemerintah berencana menerbitkan regulasi pendukung untuk menggairahkan program konversi motor listrik.

Regulasi tersebut adalah menerbitkan Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 3 Tahun 2023 tentang Pedoman Umum Bantuan Pemerintah dalam Program Konversi Sepeda Motor dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai.

Baca Juga: Elders Garage Siap Berbagi Ilmu Konversi Motor Listrik

"Setiap program yang diluncurkan pemerintah, kami langsung jalankan uji coba program konversinya," ujar Kepala Balai Besar Survei dan Pengujian Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan, dan Konservasi Energi (BBSP KEBTKE) Ditjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Senda Hurmuzan Kanan dalam keterangannya, Kamis (8/6).

Sampai saat ini, sudah dilakukan beberapa perbaikan dari segi regulasinya. Selain regulasi, pemerintah juga memberikan bantuan potongan biaya konversi sepeda motor listrik sebesar Rp 7 juta per unit.

Sebuah motor 250 cc yang sudah dikonversi menjadi listrik (Foto: KabarOto)

Pemberian bantuan pemerintah tersebut dilaksanakan Kementerian ESDM kepada bengkel konversi berdasarkan hasil verifikasi BSP KEBTKE. Saat ini, telah tersedia 24 unit bengkel konversi bersertifikat Kementerian Perhubungan.

Tenaga Ahli Menteri ESDM Bidang Ketenagalistrikan Sripeni Inten Cahyani menambahkan adanya Instruksi Presiden RI Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai sebagai Kendaraan Operasional dan atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah, juga mendukung percepatan target konversi motor listrik.

"Pemerintah sudah berkomitmen 50 ribu motor akan dikonversi ke listrik tahun 2023 dan 150 ribu tahun 2024, jadi harus sukses program ini. Ke depan, baterai akan menuju ke swap baterai," sebutnya.

Baca Juga: Kementerian ESDM Paparkan Manfaat Konversi Motor Listrik

Konversi kendaraan listrik menjadi salah satu upaya pemerintah mempercepat terwujudnya ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB), yang dapat memberikan penghematan bagi konsumen dan juga pemerintah.

Manfaat program konversi motor listrik bagi masyarakat, utamanya adalah penghematan biaya bahan bakar dan udara menjadi lebih bersih.