POPULAR STORIES

Pertamina Pastikan Stok BBM Aman Jelang Libur Nataru

Pertamina Pastikan Stok BBM Aman Jelang Libur Nataru Ilustrasi (KabarOto)

KabarOto.com - PT Pertamina Patra Niaga menyatakan bahwa stok bahan bakar minyak (BBM) aman menjelang masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Tak hanya BBM, stok LPG juga tidak ada masalah.

"Stok BBM dan LPG saat ini dalam kondisi aman dan seluruh infrastruktur telah disiagakan," ujar Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution dikutip Antara, Kamis (8/12).

Baca juga : Tingkatkan Branding Pelumas Lokal, Pertamina Lubricants Ajak Jurnalis Touring Ke Ujung Genteng

Menyambut musim libur Nataru, Pertamina juga telah menyiagakan sebanyak 114 terminal BBM, 23 terminal LPG, 7400 SPBU, 667 SPBE, 4972 Agen LPG, dan 68 DPPU guna memastikan distribusi dan ketersediaan BBM serta LPG tetap aman selama masa libur Nataru.

Tak hanya itu, Pertamina akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) mulai 15 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023 yang melibatkan tim holding dan subholding beserta seluruh pemangku kepentingan. Sebut saja Kementerian ESDM, Kemenhub, BPH Migas, Polri, Jasa Marga, TNI, dan PT Telkom Indonesia.

Ilustrasi pengisian BBM Pertamax Turbo

Pertamina juga menyediakan layanan energi pendukung di jalur potensial meliputi jalur tol, jalur wisata, dan jalur lintas utama berupa SPBU Siaga, Agen & Outlet Siaga, Kiosk Pertamina Siaga, motorist, mobil tangki standby, dan fasilitas kesehatan.

"Ini seperti Lebaran yang lalu. Kita juga siap pengiriman untuk di daerah macet, dan fasilitas kesehatan di jalur mudik," jelas Alfian Nasution.

Pihaknya juga mengoptimalkan operasional Integrated Enterprise Data & Center Command Center (IEDCC) sebagai pusat informasi penyaluran energi mulai dari upstream kilang, perkapalan, terminal BBM hingga SPBU selama 24 jam. Selama Command Center ini, CCTV SPBU dan stok kritis dapat termonitor.

Baca juga: Truk ODOL Masih Berkeliaran Di Jalan Tol, Jasa Marga Harusnya Lakukan Ini

"Sehingga dapat menjadi prioritas utama pengiriman BBM," katanya.

Adapun sejumlah lokasi yang menjadi perhatian khusus Pertamina dalam pendistribusian BBM dan LPG saat ini antara lain daerah rawan bencana; lokasi perayaan Natal seperti Sumatera Utara, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Poso, Nusa Tenggara timur, Toraja, Jawa Tengah, hingga Jayapura; lokasi wisata; jalur lintas utama; dan lokasi perayaan tahun baru di sejumlah wilayah tanah air.