POPULAR STORIES

Truk ODOL Masih Berkeliaran Di Jalan Tol, Jasa Marga Harusnya Lakukan Ini

Truk ODOL Masih Berkeliaran di Jalan Tol, Jasa Marga Harusnya Lakukan Ini Truk yang terlihat berlebih muatan dijalan tol Jakarta-Cikampek

KabarOto.com - Truk dengan muatan Over Dimension dan Over Loading (ODOL) masih tetap berkeliaran di beberapa jalan tol Jabodetabek. Saat KabarOto.com melintas di jalan Tol Pluit Jakarta Utara, terlihat truk bermuatan lebih masih berada di jalan ini.

Sementara itu, di tol Jakarta Cikampek, berderet truk ODOL masih menghiasi jalan ini. Saat melintas secara bersamaan di jalan ini, kami pun merasa tidak nyaman. Selain was-was karena bisa saja supir truk tersebut membelokkan truk berpindah jalur.

Baca Juga: Awal Tahun 2021 Truk ODOL Di Jalan Tol Akan Ditindak Tegas

Atau khawatir karena rem truk blong. Karena banyak kecelakaan di jalan tol, disebabkan oleh truk berlebih muatan dan remnya yang tidak maksimal, sehingga menabrak kendaraan di depannya. Sampai saat ini, Jasa Marga belum merespons pertanyaan yang sudah kami ajukan.

Menanggapi situasi di jalan tol tersebut, Sony Susmana, Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI) menyatakan, keselamatan di jalan tanggung jawab bersama, bukan hanya pemerintah dalam hal ini Dinas Perhubungan Darat, Polisi dan Jasamarga.

Namun menurut dia, untuk Jasa Marga selaku operator jalan tol atau perusahaan lainnya, bisa menekan angka kecelakaan dengan metode yang simpel, seperti pengawasan di setiap mulut-mulut jalan Tol. "Kendaraan-kendaraan yang tidak memenuhi syarat keselamatan dan mudah terlihat segera ditindak sebagai tindakan preventif," terang Sonny.

Atau juga bisa memanfaatkan teknologi seperti drone di beberapa spot, untuk mengawasi kendaraan yang ugal-ugalan atau truk yang melanggar aturan. "Jangan tunggu kecelakaan, baru action, karena itu membuat malu dan basi," tegasnya.

Baca Juga: Gara-gara Truk ODOL, Biaya Perawatan Jalan Tol Jadi Membengkak

Karena menurut dia, kecelakaan terjadi penyebabnya sama, dan selalu berulang. Kita selaku pengguna jalan tol, berharap aman dan nyaman sampai ke tempat tujuan tanpa rasa was-was akan terjadi kecelakaan," tuturnya.