POPULAR STORIES

Petugas Berlakukan Buka-Tutup Rest Area Di Jalur Tol Trans Jawa

Petugas Berlakukan Buka-Tutup Rest Area di Jalur Tol Trans Jawa Ilustrasi rest area

KabarOto.com - Libur panjang akhir pekan di Agustus ini membuat sebagian orang memutuskan untuk mudik. Ratusan ribu kendaraan tercatat sudah meninggalkan DKI Jakarta sejak H-1 Tahun Baru Islam 1442 H. Pasalnya, pemerintah juga sudah menetapkan libur cuti bersama untuk para ASN.

Baca Juga: Antisipasi Kepadatan, Rest Area Km 50A Arah Cikampek Ditutup

Berbagai kebijakan dilakukan untuk mengurai kepadatan lalu lintas akibat meningkatnya volume kendaraan. Sejumlah personel sudah diturunkan di beberapa titik mengantisipasi kemacetan. Selain contraflow, buka-tutup rest area kini diberlakukan.

Ilustrasi kepadatan lalu lintas

"Rest area juga sumber hambatan apabila penuh pada saat misalnya sore, ibadah salat, ini kita atur buka tutup rest area, sehingga masyarakat tidak ada penumpukan di rest area," ungkap Kabag Ops. Korlantas Polri Kombes Pol. Rudi Antariksawan.

Baca Juga: Fasilitas Rest Area Km 88B Tol Purbaleunyi Ditingkatkan, Bakal Ada Mural 3D

Rest area khususnya di Tol Trans Jawa menjadi salah satu fokus petugas untuk mengurai kepadatan. Bahkan sudah ada satu rest area arah Cikampek sementara ditutup oleh Jasa Marga. Alasannya sama, hal ini dilakukan demi mengurai kepadatan di jalur tersebut.

"Kita juga melakukan patroli karena masih banyak masyarakat yang berhenti di bahu jalan. Itu akan menghambat arus lalu lintas," tambah Kabag Ops Korlantas Polri.