POPULAR STORIES

Pirelli Scorpion KX, Ban Baru WRC Untuk Reli Gravel

Pirelli Scorpion KX, Ban Baru WRC Untuk Reli Gravel

KabarOto.com - Pirelli akan menjajal line up ban terbaru mereka untuk pertama kali pertama kalinya, diperuntukkan medan gravel, ban tersebut diberi nama Pirelli Scorpion KX. Ban ini nantinya bakal dipakai pada seri keempat World Rally Championship (WRC), Reli Portugal pada 20-23 Mei mendatang.

Manajer Reli Pirelli Terenzio Testoni menjelaskan bahwa balapan di Matosinhos nantinya bakal menjadi indikator seperti apa kecepatan mobil di jalan berkerikil. Mengingat WRC musim ini terdapat enam dari 12 seri berlangsung di gravel.

Baca Juga : 7 Pembalap Legendaris Hadir Di Game F1 2021

“Portugal menghadirkan medan full gravel pertama di WRC 2021, lintasan yang mendominasi musim ini. Karena itu, kami ingin mengetahui seperti apa performa mobil dalam kondisi lingkungan ‘normal’ mereka,” kata Testoni.

“Program tes kami tahun lalu berlangsung dan memang kami fokuskan ke gravel. Jadi, akan menarik melihat seperti apa hasil uji coba kami saat dipakai untuk lomba sesungguhnya. Permukaan gravel Portugal sangat sulit ditebak karena dipenuhi batu-batu keras, maupun yang tertutup pasir atau kerikil. Itulah mengapa kami merekomendasikan kompon keras sebagai ban utama di lomba ini.” Jelasnya.

Baca Juga : Kimi Raikkonen Adakan Sayembara Desain Sepatu ‘Kimi’s Creator Challenge’

Setiap pereli nantinya bisa menggunakan 24 ban Pirelli Scorpion KX dengan kompon keras dan delapan berkompon lunak.

Kompon keras menjadi pilihan pertama untuk menghadapi medan gravel yang memakan ban, dan juga memiliki daya tahan lebih lama. Sementara kompon lunak digunakan sebagai alternatif karena memberikan daya cengkeram optimal dalam kondisi lebih dingin atau lembab.