POPULAR STORIES

Polda Metro Jaya: Penerapan Ganjil Genap Di Jakarta Perlu Dikaji Lagi

Polda Metro Jaya: Penerapan Ganjil Genap di Jakarta Perlu Dikaji Lagi

KabarOto.com - Penerapan kembali sistem ganjil-genap di jalan Ibu Kota di masa Pandemik Covid-19 sedang dalam kajian Pemeerintah Provinsi DKI Jakarta. Namun, Polda Metro Jaya menyarankan agar moda transportasi publik dilengkapi lebih dulu sebelum sistem tersebut diterapkan.

Wadirlantas Polda Metro Jaya, AKBP Rusdy Pramana mengingatkan, agar kebijakan tersebut tak membuat penumpukan penumpang yang berpotensi menjadi klaster penyebaran Covid-19.

Baca juga: Supaya Bebas Ganjil Genap Begini Cara Dapatkan Stiker Penyandang Disabilitas

Dia menambahkan, saat aturan ganjil genap kembali diterapkan, ada perpindahan penggunaan transportasi, masyarakat yang tadinya menggunakan kendaraan pribadi beralih menggunakan transportasi umum.

“Jadi, memang harus dilihat kesiapannya bagaimana, jangan sampai ada penumpukan di moda transportasi umum. Perlu dikaji lebih baik lagi soal penerapan sistem ini,” ujar AKBP Rusdy Pramana pada Jumat kemarin (04/06).

Kawasan Jenderal Sudirman sampai MH Thamrin memang bisa diterapkan ganjil genap, karena transportasi publik sudah tersedia, seperti MRT dan Transjakarta. Namun, di jalan lainnya masih perlu kajian lebih dalam. Karena belum menyebar di seluruh wilayah.

Baca juga: Ribuan Kendaraan Terjaring Ganjil Genap Bogor, Ini Yang Masih Diperbolehkan Melintas

“Kami sarankan, jika diterapkan kembali ganjil-genap pada masa pandemik ini perlu diperhatikan juga kelengkapan sarana dan prasarana transportasi angkutan umum,” tutup AKBP Rusdy Pramana.