POPULAR STORIES

Porsche Macan Elektrik Anyar Sedang Diuji Coba, Begini Bocoran Spesifikasinya

Porsche Macan Elektrik Anyar Sedang Diuji Coba, Begini Bocoran Spesifikasinya Porsche Macan Elektrik Anyar Sedang Diuji Coba, Begini Bocoran Spesifikasinya (Porsche)

KabarOto.com - 10 tahun setelah peluncurannya, Macan berada di generasi model kedua, sekarang dalam bentuk serba listrik. Sebagai model Porsche pertama yang dibangun di atas Premium Platform Electric (PPE) yang baru, SUV ini klaimnya merupakan pengembangan yang benar-benar baru.

"Ketika kami mengembangkan model baru, selalu menyangkut dinamika dan ketepatan berkendara. Itulah Porsche. Hal ini sudah ada dalam DNA kami. Tetapi selalu tentang efisiensi juga, dan desain," kata Jörg Kerner, Vice President Product Line Macan.

Menurutnya, salah satu tantangannya adalah mempertahankan identitas produk dari seri model Macan, sementara pada saat yang sama harus memenuhi persyaratan aerodinamis yang diperlukan untuk memastikan efisiensi tinggi.

"Menemukan hubungan yang optimal antara desain dan spesifikasi yang diberikan oleh para insinyur aerodinamika tentu saja merupakan sebuah tantangan. Kami bekerja sama dalam setiap milimeter untuk mencapai keseimbangan optimal antara estetika dan fungsi," ujar Peter Varga, Direktur Desain Eksterior di Style Porsche.

Baca Juga: Porsche Taycan Turbo GT Catatkan Mobil Listrik Masal Tercepat Di Sirkuit Nurburgring

Mobil ini nantinya akan memiliki spoiler belakang memanjang secara otomatis dan penutup pendingin aktif pada intake depan. Cover bagian bawah mobil rata dan tertutup seperti mobil balap, bahkan di area as roda belakang. Bagian fairingnya fleksibel dan memastikan hambatan udara yang rendah saat melambung.

Timnya mengukur koefisien hambatan sebesar 0,25 (sebelumnya 0,35). Semua ini diklaim menjadikan Macan baru sebagai salah satu SUV paling aerodinamis dengan dampak besar pada efisiensi. Jarak tempuh menurut WLTP akan lebih dari 500 km untuk semua varian.

Motor listrik pada Macan baru mendapatkan energi dari baterai lithium-ion di bagian bawah bodi mobil, dengan kapasitas kotor 100 kWh, dan hingga 95 kWh dapat digunakan secara aktif. PPE 800 volt pada Macan baru memungkinkan pengisian daya cepat berkinerja tinggi, yang sedang diuji di seluruh dunia sebagai bagian dari proses pengembangan.

Baca Juga: Porsche Panamera Sonderwunsch, Personalisasi Tingkat Tinggi

Kapasitas pengisian daya DC untuk Macan baru di stasiun pengisian daya 800 volt mencapai 270 kW. Tingkat pengisian daya dapat ditingkatkan dari 10 hingga 80 persen dalam waktu kurang dari 22 menit di stasiun pengisian daya 400 volt, saklar tegangan tinggi pada baterai memungkinkan pengisian daya secara efektif membagi baterai 800 volt menjadi dua baterai, masing-masing dengan voltase 400 volt. Hal ini memungkinkan pengisian daya yang sangat efisien, tanpa HV booster tambahan, hingga 150 kW. Pengisian daya AC dapat dilakukan hingga 11 kW.

Porsche secara eksklusif menggunakan motor PSM generasi terbaru yang digerakkan secara permanen di as roda depan dan belakang. Motor ini memberikan daya overboost lebih dari 450 kW. Porsche Traction Management yang dikontrol secara elektronik mengelola distribusi torsi lebih dari 1.000 Nm dengan Launch Control pada model teratas.

Lebih jauh lagi, para insinyur telah menggunakan sistem Porsche Active Suspension Management dengan teknologi peredam dua katup, suspensi udara, transversal lock rear-axle, dan, dan untuk pertama kalinya, kemudi rear-axle dengan sudut kemudi hingga 5 derajat.