Praktisi Keselamatan Bicara Teknologi ADAS Di Wuling Almaz RS

Praktisi Keselamatan Bicara Teknologi ADAS di Wuling Almaz RS

KabarOto.com - Hampir semua kecelakaan kendaraan disebabkan oleh kesalahan manusia. Namun, seiring berkembang teknologi di kendaraan, sudah banyak manufaktur menghadirkan peranti pendukung yang membantu pengendara meningkatkan kewaspadaan di jalan raya.

Insiden kini dapat dihindari dengan teknologi Advanced Driver Assistance Systems (ADAS). Peran ADAS adalah untuk mencegah kematian dan meminimalisir cedera dengan mengurangi jumlah kecelakaan mobil dan dampak serius yang tidak dapat dihindari.

Baca juga: Wuling Almaz RS Jadi Kuda Hitam, SUV Tiongkok Kian Diminati

Adapun aplikasi ADAS yang kritis terhadap keselamatan meliputi, mendeteksi pejalan kaki, peringatan/koreksi jalur lalu lintas, pengenalan terhadap rambu lalu lintas, pengereman darurat otomatis dan mendeteksi blind spot.

Salah satu praktisi keselamatan berkendara yakni Sony Susmana, Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI) memberikan informasi kepada KabarOto perihal ADAS. Fitur tersebut dirancang untuk menyesuaikan kebutuhan pengemudi dengan kondisi lingkungan yang beragam, dan membantu pengemudi baik secara aktif maupun pasif untuk tetap berkendara secara aman dan nyaman.

Dirinya mencontohkan teknologi tersebut diterapkan di Wuling Almaz RS, "ADAS bisa jumpai di Wuling Almaz RS untuk membantu pengemudi agar berkendara lebih aman dan nyaman."

Sony menjelaskan bahwa teknologi tersebut menggunakan pemindai radar dan kamera untuk mendeteksi objek dan marka di depan kendaraan. Kemudian memberikan feedback kepada pengemudi melalui beragam fitur seperti Adaptive Cruise, Lane Recognition, Safe Distance & Braking Assistance, serta Automatic Light.

Meski sudah ada bantuan ADAS bukan berarti pengendara harus mengurangi kewaspadaan. Orang di balik kemudi harus tetap bertanggung jawab terhadap keselamatan diri dan orang lain.

"Ketika menggunakan ADAS, para pengemudi tetap harus berkonsentari dan bertanggungjawab saat proses mengemudi," jelasnya lagi.

Baca juga: Memahami Internet on Vehicle di Wuling Almaz RS

Selain itu, Sony juga mengingatkan pengemudi harus memahami fitur ADAS termasuk dalam pengoperasiannya sesuai kebutuhan, sehingga berkendara lebih aman dan nyaman.

Oh iya, sebagai informasi, Wuling memberikan harga Almaz RS untuk September ini dengan tetap mendapat subsidi dari Wuling Motors. Adapun untuk Almaz RS EX 5 seater dari harga on the road 365,8 juta menjadi Rp 350,8 juta. Almaz RS EX 7 seater harga awal Rp 375,8 juta menjadi Rp 360,3 juta. Sedangkan Almaz RS Pro 7 seater dari harga Rp 395,8 juta menjadi Rp 379,8 juta.