Presiden Jokowi Resmikan Tol Cibitung-Cilincing Dan Serpong-Balaraja

Presiden Jokowi Resmikan Tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-Balaraja kabarOto/ Side

KabarOto.com - Jalan bebas hambatan, atau Tol Cibitung-Cilincing dan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1 diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa (20/09/2022).

Peresmian kedua tol tersebut, diharapkan mampu membantu mempermudah distribusi produk hasil industri dan mengurai kemacetan di DKI Jakarta.

Jokowi menjelaskan, Tol Cibitung-Cilincing yang diresmikan kali ini, merupakan bagian dari ruas tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) atau Tol Lingkar Luar Jakarta Seksi 2.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan Tol Cibitung-Cilincing dan Tol Serpong-Balaraja Seksi I yang segera bisa kita operasionalkan," ujar Jokowi saat peresmian di Cibitung, sebagaimana disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (20/09/2022).

Mantan Walikota Solo, Jawa Tengah itu menegaskan, keseluruhan ruas Tol JORR 2 dapat selesai dibangun pada akhir 2023.

Baca Juga: Presiden Jokowi Puji Semua Jajaran Yang Bertugas Saat Mudik Lebaran 2022

"Kita harapkan, JORR 2 akan rampung selesai 100 persen pada akhir 2023," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, Tol Cibitung-Cilincing yang diresmikan hari ini memiliki panjang 27,2 kilometer. Nantinya, jalan tol ini diharapkan dapat mempercepat mobilitas barang dari kawasan industri.

"Dari kawasan industri di Bekasi bagian utara dan kawasan logistik di Karawang dan Bekasi. Sehingga akan sangat cepat dengan Jalan Tol Cibitung-Cilincing diantarkan ke pelabuhan di wilayah Jakarta Utara," ujar Jokowi.

Sementara itu, untuk ruas Tol Serpong-Balaraja Seksi 1, Jokowi menyebut merupakan bagian dari ruas Tol JORR III untuk pembangunan tahap awal.

Baca Juga: Meningkat 30 Persen, GIIAS 2022 Dapat Apresiasi Dari Kemenperin

Dia menambahkan, apabila ruas Tol JORR 2 dan Tol JORR 3 sudah selesai secara keseluruhan, dapat mengurangi kemacetan di DKI Jakarta.

"Kalau JORR 2 dan JORR 3 selesai dari barat ke timur, timur ke barat tidak perlu melalui tengah Jakarta. Sehingga bisa mengurangi kemacetan di DKI Jakarta," kata Jokowi.

Tol Serpong-Balaraja Seksi 1 yang hari ini diresmikan memiliki panjang 5,1 kilometer.