Profil All New Nissan Leaf

Profil All New Nissan Leaf

KabarOto.com – Industri otomotif Indonesia kembali kedatangan mobil listrik. Kali ini, giliran All New Nissan Leaf yang siap meramaikan segmen kendaraan elektrifikasi di Tanah Air.

All New Nissan Leaf hadir sehari setelah perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-76. Bahkan, PT Nissan Motor Distribution Indonesia (NMDI) terlebih dahulu membuka pre order pada tanggal 2 hingga 17 Agustus yang lalu.

Seperti diketahui, segmen kendaraan elektrifikasi di Indonesia masih terbilang baru, dan masih butuh waktu untuk melakukan penyesuaian kepada konsumen. Bukan hanya produk, tapi juga sarana pendukung, seperti tempat pengecasan daya mobil listrik yang masih bisa dihitung dengan jari.

Baca juga: All New Nissan Leaf Resmi Meluncur Di Indonesia

Kembali kepada All Nissan Leaf, mobil listrik ini menawarkan mulai dari desain, fitur dan diklaim memberikan kemudahan dalam hal pengisian daya baterai, penasaran?

Mulai dari eksterior, All New Nissan Leaf mengusung desain yang ramping dengan tampilan yang tajam, dinamis dan aerodinamis.

Bagian depan terlihat jelas gril V-motion Nissan yang khas bernuansa warna biru jernih menjadi ciri utama All New Nissan Leaf bersama dengan lampu utama berbentuk boomerang di bagian depan dan belakang, termasuk pada Daytime Running Lights (DRL) berteknologi LED.

Aksen pada bumper belakang yang berwarna biru, dengan jelas mengidentifikasinya sebagai mobil listrik Nissan.

Baca Juga : Estimasi Pengiriman All New Nissan Leaf Ke Tangan Konsumen

Masuk ke dalam kabin, interiornya menyuguhkan tata letak yang terpusat pada pengemudi, dengan setir Flat-Bottom Sporty berlapis kulit dan dilengkapi tombol multifungsi.

Panel instrument dengan layar 7 inci serta kursi berlapis kulit Alcantara mewah memberikan suasana ruang kabin yang senyap dan membuat ruang kabin semakin premium.

Untuk sistem infotainment, mobil ini mengusung headunit layar sentuh 8 inch, termasuk dengan koneksi Bluetooth, Voice Command, dan dapat terhubung dengan ponsel pintar melalui Apple CarPlay dan Android Auto.

Baca juga: Nissan Ingin Jajaran Manajemennya Lebih Banyak Perempuan

Soal keselamatan, All New Nissan Leaf juga dilengkapi dengan sederet fitur keamanan aktif yang akan selalu menjaga, merespon, dan melindungi pengemudi dan penumpang agar tetap selamat. Berbagai fitur keselamatan yang dimiliki mobil ini antara lain: Forward Collision Warning (FCW), Forward Emergency Braking (FEB), Intelligent Trace Control (ITC), Vehicle Dynamic Control (VDC), Hill Start Assist (HSA), Anti-Lock Braking System (ABS) with Brake Assist (BA), Intelligent Around View Monitor (I-AVM) with Moving Object Detection (MOD), Driver Attention Alert (DAA), dan Electronic Parking Brake (E-PKB)

Untuk performanya, All New Nissan Leaf dibekali baterai lithium-ion 40 kWh yang memungkinkan kendaraan dapat menempuh jarak sejauh 311 km dalam sekali pengisian daya berdasarkan hasil test New European Driving Cycle (NEDC).

Baca Juga : All New Nissan Z, Muncul Di New York

Untuk memastikan keamanannya,mobil listrik ini telah menjalani berbagai pengujian kualitas dan ketahanan yang paling ketat, termasuk uji banjir dan uji petir.

Pengisi daya kendaraan listrik dapat dipastikan aman dalam berbagai kondisi cuaca dan dirancang khusus untuk melindungi kendaraan dan penumpang dari sengatan listrik, yang berarti pengisian daya The All-New Nissan LEAF dapat dilakukan dengan aman bahkan saat hujan.

Pemilik All New Nissan Leaf dapat mengisi daya dengan pengisi daya Portable (3.3 Kw ), yang memungkinkan baterai dapat terisi penuh dalam waktu 12 hingga 15 jam, atau menggunakan pengisi daya Home Charger (AC 7.4 kw) yang dapat mengisi penuh baterai dalam waktu 5 hingga 7 jam. Jika tidak sempat diisi ulang di rumah, maka pengisiannya dapat dilakukan di SPKLU atau di diler terdekat yang menyediakan charging station.

Baca juga: 300 Unit Nissan GT-R Nismo Special Edition Ludes Terjual

Motor Listrik yang diusung All-New Nissan Leaf mampu menghasilkan tenaga 110 kW atau setara dengan 150 dk dan torsi maksimum 320 Nm. Performa tersebut membuatnya mampu melesat 0–100 km/jam dalam 7,9 detik dengan kecepatan maksimal 155 km/jam.

Selain itu, teknologi Nissan Intelligent Driving pada All New Nissan Leaf adalah penggunaan e-Pedal, yang memungkinkan pengemudi memulai berkendara, akselerasi, deselerasi, dan berhenti menggunakan hanya satu pedal dengan menambah atau mengurangi tekanan pada pedal gas. Ketika akselerator dilepaskan sepenuhnya, rem regeneratif dan friksi akan bekerja secara otomatis, membuat mobil berhenti total.