Profil Tim Jaguar TCS Racing

Profil Tim Jaguar TCS Racing Jaguar I-Type 5 (Foto: Jaguar)

KabarOto.com - Tim Jaguar TCS Racing kembali untuk Musim 8 Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA dengan Mitch Evans dan Sam Bird di belakang kemudi mobil balap Jaguar I-TYPE 5 full listrik.

Jaguar I-TYPE 5 dirancang untuk memberikan keseimbangan daya dan efisiensi tertinggi, mobil ini berakselerasi dari 0-100 kpj dalam 2,8 detik dan memiliki daya maksimum 250kW.

Mobil balap listrik ini menggunakan baterai lithium ion Generasi 2 (385kg, 52kW) ditempatkan dalam sel pengaman serat karbon. Energi baterai yang dapat digunakan setara dengan mengisi penuh 5.000 ponsel. Sistem Penyimpanan Energi Isi Ulang (RESS) diisi dayanya sebelum balapan dan pengereman regenerasi selama balapan mengembalikan energi ke baterai.

Baca Juga : Usai Formula E, Pengguna Kendaraan Listrik Diprediksi Meningkat

Sam Bird dan Mitch Evans

Unit Generator Motor Balap Jaguar (MGU) didasarkan pada pengalaman tim dari musim 6 dengan mobil Gen 2. Selama pengembangan dan pengujian, tim berfokus untuk membuat MGU lebih ringan dan lebih efisien untuk lebih meningkatkan kinerja I-TYPE secara keseluruhan.

Tampilan baru yang ekstrem tidak semata-mata untuk estetika. Di mana, I-TYPE 5 telah dirancang secara khusus untuk meningkatkan gaya turun, berkat diffusernya yang besar untuk menawarkan cengkeraman yang unggul bahkan saat mengikuti mobil lain dari dekat. Fitur lainnya adalah perangkat pelindung kepala Halo FIA baru, dengan strip lampu LED yang inovatif.

Baca Juga : Profil Mitch Evans, Pemenang Formula E Jakarta

Jaguar I-Type 5

Mitch Evans dan Sam Bird

Mitch Evans memulai karting pada usia 6 tahun dan memenangkan Grand Prix Selandia Baru pada usia 16 tahun. Dia membuat debut Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA bersama Jaguar TCS Racing pada tahun 2016 ketika tim Inggris kembali berlomba. Baru-baru ini di musim 7, ia meraih lima podium dan finis ke-4 di Kejuaraan Pembalap, yang merupakan posisi tertingginya hingga saat ini. Dia juga mencatat lap tercepat di Roma, New York City dan London.

Pembalap Inggris Sam Bird bergabung dengan Jaguar TCS Racing menjelang musim 7 Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA. Pebalap berusia 34 tahun itu melanjutkan rekornya sebagai satu-satunya pembalap yang berkompetisi di setiap balapan sejak seri terobosan dimulai pada 2014, mengamankan 11 kemenangan hingga saat ini secara keseluruhan, yang terbaru di Diriyah, New York City dan Granprix Jakarta untuk Jaguar TCS Racing.

Pada Formula E 2022, tim Jaguar TCS Racing berada di posisi ke-4 dengan torehan 139 poin. Sedangkan, kedua pembalapnya berada di posisi ke-4 untuk Mitch Evans dengan 109 poin dan Sam Bird berada di posisi ke-12 dengan 30 poin.