Ragam Knalpot Lokal Dengan Berbagai Jenis Pilihan

Ragam Knalpot Lokal dengan Berbagai Jenis Pilihan Instagram: @Ironcrafts_exhaust

KabarOto.com – Bila sobat KabarOto senang dengan dunia modifikasi mobil, mungkin hal pertama yang umum dilakukan adalah mengganti muffler atau biasa disebut knalpot.

Sebenarnya untuk exhaust system sendiri terdiri dari beberapa komponen, mulai dari header, downpipe, frontpipe, centrepipe, resonator, dan paling belakang ada muffler. Hampir semua muffler standar pabrikan memiliki suara halus dan hampir tidak bersuara saat mobil melaju.

Tampilan muffler dual-flow, tampilan lebih elegan

Hal ini ditujukan untuk membatasi emisi gas buang yang terjadi, serta suara bising dari mesin. Tapi dampaknya ada performa asli mesin tertahan dan tidak keluar maksimal. Oleh karena itu, banyak orang memodifikasi mobilnya dengan muffler racing karena dirasa lebih menaikkan performa, dan menimbulkan kesan gahar terhadap kendaraan.

Baca Juga : Knalpot Mobil Ternyata Ada Usia Pakainya Loh

Salah satu produsen exhaust system lokal terkenal adalah Ironcrafts Performance Exhaust. Produk-produknya sudah terbukti berkualitas, sebab tidak hanya dipakai mobil harian, melainkan juga digunakan pada ajang balap.

Ada beberapa produk yang ditawarkan oleh Ironcrafts, diantara Pro-drag, Silent, Torque, Dual-flow, Saisho, dan kelengkapan lainnya seperti downpipe, frontpipe, serta resonator.

“Kita punya beberapa produk sesuai kegunaannya masing-masing, setiap tipe memiliki perbedaan dan peruntukan sesuai mobilnya,” ujar Nuki selaku Product Design Ironcrafts Performance.

Saisho memiliki 2 model yakni krom biasa dan burntip

Untuk tipe andalannya terdapat model Saisho, ini paling banyak diminati karena dibuat dengan target mobil berkapasitas 1.000 cc sampai 1.600 cc, dimana kebanyakan mobil di Indonesia ada pada rentang tersebut.

Selain itu, Saisho memiliki internal yang mengusung ‘design sound cancel’ tanpa glasswool sehingga karakter suara menjadi kering dan sangat muffler akan sangat awet dalam penggunaan sehari-hari maupun balap.

Lalu tipe selanjutnya, diperuntukan untuk mobil berkapasitas 1.400 cc hingga 1.800 cc yang sudah mengalami modifikasi stage 2. Dan juga sesuai dengan namanya, muffler ini cocok bagi pecinta kecepatan, khususnya balap drag race.

Baca juga: Evolusi Mesin V8, Dari Produksi Masal Hingga Ke Balap

Pro-Drag diperuntukan untuk balap drag race

Baca Juga : Ada Knalpot Racing Proliner TR 2 Untuk Motor 150cc Dan 250 Cc Nih Sob!

Selanjutnya ada Torque dan Torque Mini, dimana keduanya dibuat berdasarkan regulasi yang membatasi kekerasan suara pada ajang balap ISSOM, namun tetap memaksimalkan performanya.

Untuk Torque digunakan pada mobil 1.800 cc sampai 2.300 cc, dan Torque Mini untuk 1.000 cc hingga 1.600 cc. Karakter suaranya padat dan nge-bass sehingga cocok buat yang suka karakter suara lebih dewasa.

Ternyaya pembuatan muffler ini juga turut melibatkan campur tangan pembalap Nasional Jimmy Lukita loh, jadi pasti bukan asal-asalan deh muffler ini.

Dibuat khusus dengan campur tanga pembalap Jimmy Lukita.

Bagi yang mau model dengan tabung oval, ada juga loh model Narantaka, Silent, dan Dual-Flow. Dimana tipe ini lebih kalem, dan OEM look. Desainnya juga terlihat lebih elegan ketimbang model lain. Karakter suara juga tidak sekeras model Saisho, Torque dan Pro-drag.

Sebenarnya, akan ada produk baru lagi nihh dari Ironcrafts yang akan rilis dalam waktu dekat. Tapi masih dirahasiakan bentuknya, tetapi namanya sebagai bocoran adalah Pro Circuit.

Penasaran banget kan bakal kayak apa mufflernya, kita tunggu saja sebentar lagi. Kelebihan lain dari Ironcrafts ialah proses pembuatan yang benar-benar serius, “Kita saat membuat produk akan melakukan pengetesan dyno. Sehingga kita tahu berapa kira-kira kenaikan tenaga secara real-nya,” ungkap Nuki.

Tipe Silent yang tidak berisik, dan nyaman digunakan daily use.

“Untuk peningkatannya sih sekitar 3-5 dk jika menggunakan muffler saja, namun bisa meningkat hingga 10 dk kalau penambahan downpipe dan frontpipe juga,” lanjut pria ramah jenaka tersebut.

Harganya sendiri, Ironcrafts membanderol mulai Rp 1,4 hingga Rp 1,9 juta, hanya produknya ya. Pemasangannya bisa dilakukan di workshop custom knalpot langganan sobat KabarOto.

Tapi yang domisili di Jakarta dan sekitarnya, bisa melakukan pemasangan (tidak menjual produknya) ke DD Auto Exhaust Custom, Jakarta Barat, sebab workshop tersebut merupakan rekanan resmi Ironcrafts, sehingga standar pemasangan bisa lebih optimal.