POPULAR STORIES

Rayakan 90 Tahun, Mobil Bersejarah Ferrari Ditampilkan Di Maranello

Rayakan 90 Tahun, Mobil Bersejarah Ferrari Ditampilkan di Maranello Foto: Carscoop

KabarOto.com - Nama Ferrari sudah tidak asing lagi di industri otomotif, apalagi dunia motorsport Formula 1. Brand yang sangat identik dengan warna merah dan logo kuda jingkrak ini ternyata sudah memasuki umur 90 tahun berkecimpung di F1. Untuk merayakan ulang tahunnya ini, Ferrari menggelar pameran khusus nih Sob.

Pameran perayaan ulang tahunnya digelar di Museum Ferrari di Maranello, Italia. Musem Ferrari sudah berdiri sejak 16 November 1929, didirikan oleh Enzo Ferrari. Awalnya Enzo Ferrari ikut balap untuk Alfa Romeo, namun pada 1939 ia meninggalkan tim tersebut dan mulai membangun mobil balapnya sendiri.

Sayangnya, perjanjian yang ia buat dengan Alfa Romeo membuatnya tidak bisa menggunakan namanya pada kendaraan miliknya. Namun hal tersebut hanya berlangsung selama beberapa tahun pertama saja. Sebelum menggunakan namanya Enzo mendirikan perusahaan yang dijuluki Auto Avio Costruzioni.

Enzo dan perusahaannya mulai memperkenalkan model pertamanya, yaitu 815 untuk musim balap tahun 1940. Pameran Ferrari di museum Maranello ini mencakup beberapa kendaraan terbaik sepanjang sejarahnya yang panjang.

Baca Juga: Mobil Langka Ferrari 250 GT Tour De France Berlinetta 1958 Akan Masuk Lelang

Sudah dibuka sejak awal Juni loh, tepatnya pada 5 Juni lalu. Museum yang akan menampilkan produksi Ferrari dari masa ke masa ini dibuka sampai Mei 2020. Wow! Jangka waktunya lama juga ya. Di museum ini pengunjung bisa melihat langsung Ferrari D50 yang digerakkan oleh Juan Manuel Fangio ke kejuaraan dunia Formula 1.

Mobil lain yang dipamerkan termasuk 246 F1 yang dikendarai oleh Mike Hawthorn ke kejuaraan dunia dan 156 F1 yang dikendarai oleh John Surtees pada tahun 1963.

Mobil bersejarah dari Alfa Romeo 8C 2300 Spider 1932 tentu tidak ketinggalan untuk ditampilkan. Mobil ini merupakan mobil pertamanya yang menggunakan logo 'kuda jingkrak' Ferrari. Pada dinding museum pun dipenuhi dengan cerita bersejarah mobil-mobil Ferrari.

Baca Juga: Sangar Nih Ferrari P80/C Teranyar

Mobil lain yang ikut dipajang bersama yaitu kendaraan yang telah menyabet penghargaan berkali-kali, F2004 milik Michael Schumacher dan F2007 dari Kimi Raikkonen. Berikutnya mobil SF71H, dengan kursi tunggal. Mobil ini digunakan oleh Sebastian Vettel dan Kimi Raikonnen untuk bertarung pada musim kemarin.

Di museum Maranello ini Ferrari tidak hanya menampilkan mobil-mobil balapnya yang telah menyabet juara berkali-kali. Ferrari juga menampilkan keluarannya yang ekslusif loh, seperti 288 GTO, F40, F50, Enzo Ferrari, LaFerrari, dan P80/C.

Baca Juga: Cobain Ferrari World, Theme Park Di Abu Dhabi Yang Isinya Mobil Ferarri