Red Bull Racing Mulai Tunjukan Kehandalannya, Upgrade Mercedes-AMG Petronas Bikin Kejutan

Red Bull Racing Mulai Tunjukan Kehandalannya, Upgrade Mercedes-AMG Petronas Bikin Kejutan Foto: Formula 1 dan ExxonMobil

KabarOto.com - Balapan di Spanyol kemarin menghadirkan dua pembalap Red Bull Racing naik podium, walaupun seperti tidak ada masalah dengan mobil namun sebenarnya tim berlambang banteng ini juga sedikit mengalami masalah di awal.

Jelang balapan saja, beberapa tim melakukan upgrade di mobilnya. Seperti yang dilakukan tim Mercedes-AMG Petronas dan Scuderia Ferrari, kedua tim masih bergelut dengan masalah porpoising. Otomatis, banyak upaya sekecil apapun dilakukan untuk meningkatkan downforce dan aerodinamik untuk meminimalkan porpoising.

Mercedes-AMG Petronas percaya bahwa mereka berada di jalan kembali ke daya saing penuh menyusul keberhasilan peningkatan lantai (bagian bawah mobil) di Grand Prix Spanyol, di mana George Russell selesai di podium berdasarkan prestasi dan Lewis Hamilton menunjukkan kecepatan luar biasa dalam pulih dari insiden lap pertamanya dengan Haas Kevin Magnussen.

Baca juga: Pole Position F1 Spanyol 2022, Max Verstappen Kembali Ke Puncak Klasemen

Tim Mercedes-AMG Petronas mulai tebar ancaman

Mercedes-AMG Petronas merasa sekarang memahami masalah porpoising yang sebelum balapan ini telah memaksa mobil tertinggal jauh. Tim ini melakukan perubahan pada bagian lantai, sehingga mengoptimalkan downforce. Ini adalah sebuah upgrade besar setelah di awal seri mengalami masalah porpoising.

Berbeda dengan Scuderia Ferrari yang tangguh pada kualifikasi dan bahkan mencatatkan waktu tercepat melalui Charles Leclerc. Upgrade pada diffuser membuat mobil Ferrari cepat di lintasan lurus, namun pada belokan agak lambat.

Sayangnya pada saat balapan kemarin di Spanyol, Leclerc malah berhadapan dengan masalah gangguan mesin. Ini jelas mengganggu stabilitas performa mobil tim kuda jingkrak tersebut yang harus mundur pada lap 26.

Sementara Red Bull Racing dengan mudah mencatatkan kemenangan besar, duet Max Verstappen dan Sergio Perez menempati podium. Sempat mengalami gangguan DRS di awal lomba, akhirnya baru mulai normal di pertengahan lomba, akhirnya Verstappen memacu kendaraannya.

Saat balapan DRS alami gangguan hal ini membuat balapan kian berat. Kesulitan di awal tapi bagus pada akhirnya. Senang dengan kemenangan ini dan juga untuk Sergio Perez. Merupakan hasil yang baik untuk tim,” ungkap Verstappen.

Sempat berduel dengan George Russel (Mercedes-AMG Petronas), namun akhirnya bisa menyalip pembalap Inggris tersebut. Selanjutnya berlari kencang setelah DRS-nya kembali normal untuk mengejar Sergio Perez dan menyalip untuk mengambil posisi terdepan.

Baca juga: Red Bull Racing Sukses Gusur Dominasi Scuderia Ferrari

Verstappen menguci kemenangan di Spanyol

“Tim nampak menyiapkan dengan baik mobil RB18 agar Verstappen dan Perez bisa meraih podium ganda lagi. Bahkan menempatkan Verstappen di posisi tertinggi persaingan titel sementara Juara Dunia F1 2022. Sedangkan Perez meraih lap tercepat di lintasan saat balapan,” ujar Sri Adinegara selaku Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI).

Sri Adinegara menambahkan bahwa balapan sepekan berikutnya akan berlangsung di Monaco pada 29 Mei mendatang. Ia juga menyampaikan bahwa pelumas yang digunakan oleh tim Red Bull Racing juga tersedia di pasar Indonesia seperti rangkaian produk pelumas Mobil1 dan Mobil Super yang tersedia di bengkel-bengkel kesayangan Anda.

“Di sirkuit jalan raya tersebut semoga kedua pembalap bisa melanjutkan semangat untuk melanjutkan mempertahankan titel Juara Dunia dan juga untuk konstruktor," tutup Sri Adinegara.