Red Bull Racing Sukses Gusur Dominasi Scuderia Ferrari

Red Bull Racing Sukses Gusur Dominasi Scuderia Ferrari Dok : F1

KabarOto.com – Kemenangan besar bagi Red Bull Racing di F1 Spanyol 2022 akhirnya menggeser dominasi Scuderia Ferrari selama lima seri terakhir. Max Verstappen dan Sergio Perez membuat poin sempurna untuk tim setelah finis pole position dan kedua.

Sekarang Red Bull Racing berada di puncak klasemen kontruktor dengan 195 poin, meninggalkan Scuderia Ferrari di tempat kedua dengan 169 poin. Ferrari hanya menambah poin lewat Carlos Sainz yang finis keempat di kampung halamannya sendiri.

“Kedua pembalap mendapatkan start bagus dan situasi berjalan cukup baik, tetapi embusan angin besar membuat Max terpeleset dan itu menjatuhkannya ke urutan keempat," ujar kepala tim, Christian Horner.

Baca Juga : Hasil F1 Spanyol 2022, Kemenangan Besar Red Bull Racing

Sementara Mercedes AMG Petronas berada di posisi ketiga klasemen dengan 120 poin. The Silver Arrow mendapat podium ketiga setelah perjuangan George Russell atas gempuran duet Red Bull, lalu Lewis Hamilton yang sempat drop ke posisi bontot berhasil finis kelima.

"Setelah beberapa bulan yang sulit di Brackley dan Brixworth, rasanya luar biasa untuk merasa seperti kami balapan lagi, kami bertekad untuk menjadi bagian dari pertempuran untuk kejuaraan ini dan hari ini telah memberi kami keyakinan bahwa kami bisa melakukan hal itu," papar Andrew Shovlin, Direktur Teknik Trackside Mercedes.

McLaren berhasil menambah poin lewat Lando Norris yang finis kedelapan, total tim berkelir oranye itu sudah mengumpulkan 50 poin. Alfa Romeo juga mulai kembali bersaing di papan tengah Valtteri Bottas menghadiahi tim finis keenam sehingga total 39 poin

Alpine meraih double poin, setelah Esteban Ocon finis ketujuh dan Fernando Alonso yang memulai balapan dari posisi akhir karena mengganti mesin berhasil finis posisi kesembilan. Alpine kini telah mengumpulkan 34 poin dan berada di urutan keenam klasemen.

Baca Juga : FIA : Aston Martin Tidak Menjiplak, Tanggapan Bos Red Bull Racing Santai

AlphaTauri mendapat poin hiburan setelah pembalap Jepang mereka, Yuki Tsunoda menutup posisi 10 besar, membuat AlphaTauri bertengger di posisi ketujuh klasemen dengan 17 poin.

Sementara Haas membuntuti di belakangnya terpaut tipis 15 poin. Lalu posisi kesembilan klasemen ada Aston Martin Cognizant yang kemarin sempat dituding meniru RB18 dengan 6 poin. Serta di urutan terakhir Williams 3 poin.

Klasemen Sementara Konstruktor Usai F1 Spanyol 2022 :