Rem Bermasalah? Ini Langkah Pengecekannya

Rem Bermasalah? Ini Langkah Pengecekannya Langkah Pengecekan Rem Yang Bermasalah. Foto: Kipli

KabarOto.com - Bunyi berdecit yang tidak wajar pada bagian pengereman terkadang mengganggu kenyamanan dalam berkendara. Jika sudah timbul bunyi dari bagian-bagian tersebut kemungkinan besar karena sistem pengereman yang tak normal.

Bunyi berdecit yang ditimbulkan oleh rem, biasanya disebabkan oleh piringan kampas rem yang sudah tidak rata. Direktur Sales & Marketing KTB, Duljatmono bilang, Kampas kopling yang tidak rata ini disebabkan oleh bagian permukaan cakram yang sering mengalami benturan.

"Gesekan kampas kopling yang terjadi ketika mobil sedang melaju dapat menyebabkan bagian permukaan cakram tersebut panas dan tentu bisa membuat piringan tersebut mudah menjadi penyok," katanya.

Bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Berikut cara menghilangkan bunyi akibat rem mobil bermasalah.

Baca Juga: Rem Masih Bagus Tapi Motor Blong, Kok Bisa? Ternyata Ini Di a Penyebabnya

piringan kampas rem
piringan kampas rem yang sudah tidak rata Mengakibatkan Rem Bermasalah

Bunyi berdecit timbul karena banyaknya kotoran yang menempel pada rem yang menjadi keras. Kotoran yang menumpuk akan bergesekan dengan piringan/tromol. "Untuk mengatasinya kita perlu membawanya ke tempat cuci mobil dan tunggu sampai kering. Cara lainnya Juga dapat membersihkan sendiri kampas rem tersebut di rumah.

Caranya cukup mudah yaitu gunakan cairan penetran yang banyak di pasaran untuk membersihkan bagian kampas rem mobil. Namun akan lebih baik dan maksimal lagi jika anda membawanya ke bengkel, karena di bengkel sistem pengereman mobil Anda akan dibongkar lalu dibersihkan seluruh bagiannya," beber Duljatmono.

Penyebab lain timbul bunyi disebabkan oleh rem yang macet. Karena, piston rem yang sudah tidak bisa berfungsi dengan baik dan juga mengalami kerusakan. Hasilnya, ketika rem di operasikan, kanvas rem tidak bisa menekan dengan sempurna.

perawatan rem
Perawatan Rem Agar Tidak Bermasalah

Baca Juga : Ini Langkah Singkat Agar Rem Mobil Lebih Awet

"Cara mengatasi bunyi tersebut adalah dengan mengganti karet piston rem atau jika masih beruntung, bisa dengan membersihkan bagian permukaan piston rem pada mobil anda," imbuhnya.

Jika kampas sudah tipis atau rem sudah mulai aus, sebaiknya Anda mengganti kampas tersebut untuk menghilangkan bunyi-bunyi yang timbul dari bagian itu. Untuk itu, Anda harus rutin merawat dan memperhatikan kelayakan rem mobil Anda.

Terlebih jika pemakaian berat contohnya seperti para pengemudi truk yang sering melakukan perjalanan jauh ke luar kota. Otomatis rem pada truk akan sering digunakan dan kampasnya pun akan segera menipis.

"Jika Anda tidak ingin terdapat bunyi berdecit dari bagian rem Anda, lebih baik Anda rutin memeriksa bagian rem secara berkala untuk menghindari masalah yang akan timbul dari rem tersebut. nah, kalau sudah saatnya ganti, maka gantilah bagian yang memang sudah aus atau sudah tidak layak digunakan lagi," tutupnya.