POPULAR STORIES

Review Mobil Bekas : Toyota Fortuner G VNT 2013

Review Mobil Bekas : Toyota Fortuner G VNT 2013 Toyota Fortuner G VNT 2013 (foto : SKM Autos)

KabarOto.com – Mobil kelas Sport Utility Vehicle (SUV) masih menjadi idaman untuk pasar Indonesia. Karena memiliki performa mumpuni, penggerak roda belakang, dan ground clearance tinggi. Salah satunya adalah Toyota Fortuner G VNT lansiran 2013.

Sedikit sejarah, Toyota Fortuner generasi pertama (AN50) hadir di ajang Jakarta International Motor Show 2005. Lalu, SUV tersebut resmi dijual di Indonesia mulai 2007 silam. Kala itu Fortuner hadir dalam beragam varian yaitu G, G Lux, dan V dengan dua pilihan mesin yaitu diesel common rail 2.500 cc 2KD-FTV dan 2.700 cc 2TR-FE.

Baca Juga : Toyota Voxy Ditarik Kembali, Pemilik Mobil Diminta Datang Ke Diler Terdekat

Tidak lama kemudian, Fortuner mengalami facelift pertama pada 2008, kala itu ubahannya hanya menggunakan lampu utama proyektor, gril dpean model baru, lampu belakang baru, dan pelek dengan desain lebih segar. Lalu, Fortuner mengalami facelift kedua alias terakhir pada 2011 sebelum berganti generasi.

Dari eksterior, Toyota Fortuner VNT 2013 ini memiliki tampilan yang gagah dan sporty dengan penggunaan lampu model baru berteknologi proyektor halogen. Pada bagian bumper terdapat lampu DRL dan fog lamp cukup besar. Pada bagian kap mesin terdapat hood scoop yang berfungsi mengalirkan udara ke intercooler.

Pada bagian samping, tidak banyak perubahan dari model pre-facelift. Hanya saja kini menggunakan pelek baru multipalang berkuran 17 inci yang dibalut ban Bridgestone Dueler H/T berukuran 265/65R17. Lanjut ke belakang, mobil ini memiliki lampu belakang cukup sporty dengan model bulat dan bumper model baru.

Beralih ke interior, bahasa desain dasbornya masih sama dengan model sebelumnya hanya saja ada penambahan aksen black piano pada panel AC, setir, dan panel pintu saja. Pada bagian tengah, terdapat layar MID yang cukup kecil dengan jam digital. Lalu, terdapat layar head unit double din dengan USB, CD/DVD serta konektivitas Bluetooth. Di bawahnya, terdapat pengaturan AC digital dengan arah semburan yang lengkap termasuk defogger depan.

Baca Juga : Imbas Kenaikan BBM, Harga SUV Diesel Bekas Menurun

Pada baris kedua, penumpang akan dimanjakan dengan jok yang tebal serta memiliki ruang kepala dan kaki cukup luas. Serta, terdapat ventilasi AC hingga baris ketiga. Pada baris ketiga, ruangannya cukup lega dan dapat menampung orang dewasa, jika mengingkan ruang bagasi lebih luas kursi ini dapat dilipat ke samping.

Soal performa, SUV ini dibekali mesin 4 silinder common rail turbodiesel, 2KD-FTV berkapasitas 2.500 cc dengan teknologi Variable Nozzle Turbo (VNT) ini memiliki keluaran tenaga 145 dk di 3.400 rpm dengan torsi 343 Nm di 1.600 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang atau ke semua roda 4x4 melalui transmisi otomatis empat percepatan.

Untuk penggunaan harian atau touring jarak jauh mobil ini cukup nyaman dengan performa yang cukup mumpuni. Meskipun tenaganya tidak sebesar Mitsubishi Pajero Sport Dakar, mesin 2KD-FTV ini terkenal tangguh, mudah di tuning, dan masih mampu meminum solar.

“Untuk penggunaan harian dan mudik cukup bertenaga ya. Perawatannya sendiri tidak terlalu rewel karena mesinnya bandel dan perawatan serta spare part cukup terjangkau. Tetapi, kalau melewati jalan berlubang ini tidak nyaman dan cukup mual karena bodinya sangat bergoyang. Yang paling penting sih rajin untuk melakukan pemeriksaan dan servis di bengkel,” ungkap Dava selaku pemilik Fortuner VNT.

Baca Juga : Ini Daftar Harga Mobil Toyota Bulan April 2023

Bagi Sobat KabarOto yang ingin atau telah membeli Fortuner lawas, jangan lupa langsung melakukan pemeriksaan di sektor mesin dan kaki-kaki. Pada bagian kaki-kaki, harus dilihat bagian sokbreker karena jika dites jalan, rasanya tidak berasa signifikan.

“Kalau sebelum membeli jangan lupa diperiksa seperti melakukan tes starter mobil. Pastikan tidak ada suara aneh yang keluar dari mesin. Jangan lupa menekan pedal gas sedikit demi sedikit untuk memastikan mesin sehat dan tidak keluar asap hitam yang banyak. Jika keluar asap hitam bisa mengganti filter solar dan melakukan pembersihan di bagian mesin seperti nozzle,” ungkap Rama selaku mekanik bengkel Diesel Date.

Jika Sobat berminat, Toyota Fortuner VNT 2013 ini dijual mulai dari Rp 235 juta hingga Rp 270 jutaan dengan pajak sekitar Rp 5 jutaan. Jadi bagaimana Sob, tertarik?