Review Mobil Bekas Toyota Vellfire 2011

Review Mobil Bekas Toyota Vellfire 2011 Mobil bekas Toyota Vellfire 2011 (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Mobil bekas Toyota Vellfire menjadi salah satu pilihan bagi konsumen yang mencari kenyamanan sekaligus ingin terlihat mewah. Di mana, kembaran dari Toyota Alphard ini memang dikenal sebagai MPV premium yang dipasarkan di Indonesia.

Meskipun mobil ini lansiran tahun 2011, masih terlihat mewah dan lebih sporti dibandingkan Alphard. Memang MPV mewah ini lebih diperuntukan untuk kenyamanan penumpang baris kedua dan ketiga yang ingin duduk santai menikmati perjalanan.

Toyota Vellfire hadir di Tanah Air pada medio 2010 dan tidak dirilis secara resmi oleh PT Toyota Astra Motor, melainkan lewat jalur importir.

"Dipilih mobil ini karena selain nyaman untuk bawa keluarga, juga masih punya nilai gengsi yang tinggi. Dipakai jarak jauh, nyaman banget," ungkap Rio Fajar, pemilik Toyota Vellfire ini.

Fitur pintu geser elektrik

Baca juga: Review Mobil Bekas : Suzuki Swift GX 2014

Secara desain, Toyota Vellfire tampaknya sukses memberi garis pembeda yang tegas antara Vellfire dengan Alphard. Vellfire terlihat lebih stylish serta lebih ergonomis.

Lampu utama didesain dua tingkat, terlihat sedikit aneh namun terasa sangat ideal ketika disandingkan dengan Grille-nya. Bahkan bisa dibilang, desain semacam ini menjadi ciri khas Toyota Vellfire dan sekaligus pembeda dengan Alphard. Adapun urusan pencahayaan juga sudah ditunjang lampu kabut yang tersemat pada dua ujung bemper depan.

Ruang interior Toyota Vellfire terbagi menjadi dua pilihan tipe yakni Z Audioless dan Z Platinum Full Option. Tipe Audioless tidak menghadirkan kelengkapan seperti TV maupun kamera.

Kesan mewah di dasbor

Toyota Vellfire memiliki jok berlapis kulit dan fitur Captain Seat pada baris kedua, lengkap dengan Arm Rest dan fitur spesial lainnya. Terakhir adalah daya angkut hingga tujuh orang.

"Interior cukup nyaman dan legs, kursi dengan jok berbusa tebal dan peredaman kabin yang baik. Cukup senyap di kabin saat bersama keluarga untuk bepergian atau berlibur," tambah Rio Fajar.

Soal performa, Toyota Vellfire bekas ini dibekali mesin 2AR-FE 4 Silinder DOHC Dual VVT-i 2.500 cc, mampu menghasilkan tenaga puncak mencapai 177 dk dan torsi 234 Nm. Mesin tersebut dipadukan transmisi otomatis Super ECT 6 percepatan.

Baca juga: Gandeng Carro, MPM Rent Perkuat Bisnis Penjualan Mobil Bekas Di Indonesia

Harga bekas Toyota Vellfire

Dari penelusuran di portal jual beli mobil bekas dan penjual mobil bekas konvensional, Toyota Vellfire 2011 ini dibanderol sekitar Rp 280 juta hingga Rp 340 jutaan, tergantung dari kondisi kendaraan.

"Banyak jadi pilihan konsumen, dengan budget Rp 300 jutaan. Jika kenyamanan dan gengsi, ya pasti pilih Vellfire. Ini masih dipakai para pejabat dan orang-orang kayak loh," sebut Ari Sumartono dari Lembah Tirta, Bogor.

STNK Toyota Vellfire

Kelemahan dan perawatan

Seperti kebanyakan mobil berukuran besar, Toyota Vellfire ini sering mengalami kerusakan pada bagian kaki-kaki. Tentu, ini merupakan salah satu faktor kenyamanan yang harus lebih diperhatikan.

"Bagian kaki-kaki harus lebih diperhatikan, selain karena umur juga karena beban ditanggung rack steer menopang bobot mobil. Apalagi jika hari-hari penggunaan melibas jalanan bergelombang atau berlubang," tambah Ari Sumartono.

Satu lagi, area kabin juga rawan berjamur, khususnya di bagian dasbor. Solusinya adalah harus sering-sering dibersihkan dengan cairan pembersih atau pergi ke salon mobil agar perawatannya lebih maksimal.

Spesifikasi Toyota Vellfire 2011 :

  • Panjang x Lebar x Tinggi : 4.930 mm x 1.850 mm x 1.895 mm

  • Tipe Mesin : 2AR-FE 4 Silinder Segaris DOHC Dual VVT-i 2.500 cc

  • Daya Maksimum : 177 dk / 6.000 Rpm

  • Torsi Maksimum : 234 Nm / 4.100 Rpm

  • Sistem Transmisi : Otomatis Super ECT 6 Percepatan

  • Mode Penggerak : Penggerak roda depan (Front Wheel Drive/FWD)

  • Tipe Bahan Bakar : Bensin

  • Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 75 Liter