POPULAR STORIES

Saat Mobil #DiRumahAja, Perhatikan Hal Penting Ini Demi Kesehatan

Saat Mobil #DiRumahAja, Perhatikan Hal Penting Ini Demi Kesehatan Cek kondisi oli mobil meski jarang dipakai

KabarOto.com - Meski Anda di rumah aja selama masa Pandemik Covid-19, namun jangan biarkan mobil juga tidak disentuh atau diperhatikan. Meski tidak digunakan serutin biasanya, mobil perlu dilakukan perawatan. Salah satu yang paling mendasar adalah melakukan pengecekan kualitas oli mesin

Ganti Oli mesin jika sudah melebihi batas kalender maximum (meskipun KM belum tercapai). Batas kalender maximum jika tidak di dahului KM umumnya adalah 6 bulan. Untuk lebih detailnya, dapat melihat buku panduan rekomendasi manufaktur. Pertamina Lubricants menyarankan, selain mengganti oli, oil filter usahakan harus diganti juga.

Baca Juga: Merawat Ban Mobil Penting, Begini Caranya

Nah, setelah oli diganti, disarankan untuk mencuci mobil setiap 2 sampai 3 hari sekali. Selain menjadikan mobil tetap terlihat bersih, juga membuat kita lebih peduli pada bagian dan komponen. Jika ada yang rusak dan perlu perawatan lebih lanjut bisa terlihat.

Mobil yang diam terlalu lama juga suka dikotori oleh kucing sebagai penadaan wilayah, atau kotoran burung bila kendaraan tidak terlindungi oleh atap garasi. Jadi, tetap harus rajin mencuci.

Usai membersihkan bagian luar, bersihkan bagian dalam dengan vacuum cleaner.Jangan lupa semprot lap-lap interior dengan disinfektan. Selanjutnya selalu melakukan pengecekkan AC dan bagian filter indoor yang bisa di copot agar dibersihkan juga.

Mobil yang jarang sekali berganti udara (lama tak dipakai) akan membuat konsentrasi parfum di udara mobil menjadi tinggi. Ini yang menyebabkan mual dan pusing. Ada senyawa yang berbahaya yang keluar dari parfum, yang diletakkan di dekat AC. Bahan yang ada di dalamnya adalah benzene, salah satu pemicu kanker jika konsentrasinya terlalu tinggi. Untuk itu sebaiknya saat memanasi mobil, buka semua jendela sambil nyalain AC agar udara berganti.

Bersihkan kabin mobil

Panaskan mobil setiap hari (maksimum 3 hari sekali) kira-kira 5-7 menit (penunjukan jarum temperatur mesin sudah sampai temperatur normal operasionalnya). Untuk mobil diesel disarankan memanasi sambil jalan, karena bau asapnya bisa mengganggu ruangan di rumah dan tetangga. Selain emisi SOx, CO dan soot juga berbahaya bagi kesehatan.

Sering jalan-jalan dengan mobil. Sekitar 3 hari sekali minimal 5 km agar ban tidak menggelembung atau flat spot (stress di satu point saja). Memanaskan mobil juga agar aki terisi kembali dengan baik, karena pemanasan harian saja kurang cukup untuk mengisi aki. Selain itu, oil lebih tersirkulasi dengan baik. Jika ada komponen mobil yang rusak (yang hanya akan ketahuan jika mobil jalan), maka kita bisa tahu lebih dulu.

Baca Juga: Cara Mudah Merawat Mobil Saat Kondisi PSBB Ala Peugeot

Mobil yang diam kerap disukai semut dan tikus. Mereka suka mengigit dan merusak kabel. Untuk memitigasinya, pasang kamper di bawah ruang mesin, agar tikus tidak datang. Untuk mengusir semut, seringlah membersihkan interior saja. Jangan lupa untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang tercecer dengan vacuum cleaner.