Sambut Libur Nataru 2020, Tol Di Pulau Jawa Siap Digunakan

Sambut Libur Nataru 2020, Tol di Pulau Jawa Siap Digunakan Tol Japek II (Foto: KO)

KabarOto.com - Pekan mendatang umat Kristiani akan merayakan Hari Natal yang jatuh pada hari Rabu (25/12). Seminggu kemudian, tahun 2019 akan ditutup dan membuka lembaran baru tahun 2020. Merayakan dan memanfaatkan libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru), Sobat KabarOto pasti banyak yang mengunjungi sanak saudara atau sekadar berlibur.

Jelang perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Kepolisian Negara RI juga terus melakukan upaya untuk memberikan rasa aman dan tertib pada masyarakat. Hal tersebut dilakukan agar perjalanan berlibur masyarakat dapat berjalan lancar.

Baca Juga: Ini Yang Harus Diperhatikan Di Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II

Irjen. Pol. Drs. Istiono, M.H selaku Kakor Lantas Polri juga memberi pernyataan bahwa jalan tol di pulau Jawa, sesuai yang beliau tinjau, sudah bisa digunakan untuk sarana perjalanan masyarakat yang berlibur. Segala kesiapan sudah di atur oleh Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) dengan baik.

"Kemarin saya juga tinjau lapangan, dari Jakarta - Jawa Barat - Jawa Tengah - Jawa Timur. Semua kondisi khususnya tol sudah siap, elevated-nya, rest areanya," jelas Irjen. Pol. Drs. Istiono, M.H pada (12/12).

Selain kesiapan tol, Mantan Kapolda Babel itu juga menjelaskan bahwa Polri sudah melakukan pemetaan titik-titik rawan kecelakaan. Pihaknya juga melakukan pengelolaan terhadap lokasi-lokasi seperti lintasan kereta api (KA), pasar tumpah, daerah wisata, dan lainnya.

Baca Juga: Pakai Jalan Tol Layang Jakarta - Cikampek II Elevated, Ini Rest Area Terdekat

"Lintasan KA, pasar-pasar tumpah, termasuk daerah wisata dan pelabuhan juga kita kelola dengan bagus, baik laut maupun udara," tambahnya.

Baru-baru ini beberapa tol diresmikan dan sudah bisa dilalui oleh Sobat KabarOto. Terbaru yaitu Tol Japek II yang sudah bisa dilalui kendaraan roda empat sejak (15/12) kemarin. Jalan tol layang Jakarta-Cikampek (Japek) II sepanjang 36,4 km hanya diperkenankan untuk kendaraan setinggi 2,1 meter saja.

Tidak seperti tol baru biasanya, tidak ada petugas keamanan di sepanjang jalan tol layang ini. Pasalnya, Jasamarga sudah mengandalkan 113 CCTV yang dipasang sepanjang jalan. Denda elektronik juga sudah disiapkan jika Sobat KabarOto melakukan pelanggaran batas kecepatan.

Jalan tol lainnya yang sempat menjadi primadona saat libur Hari Raya Idul Fitri yaitu Tol Trans Jawa. Sampai saat ini jalan tol yang menyambung pulau Jawa masih bisa digunakan seperti biasa untuk mempercepat waktu.

Baca Juga: Gratis Sampai Akhir Tahun 2019, Begini Kondisi Jalan Tol Kunciran-Serpong