Sebastian Vettel Kritik FIA Karena Penalti Di GP Imola

Sebastian Vettel Kritik FIA Karena Penalti di GP Imola

KabarOto.com – Sebastian Vettel melontarkan kritik pada pihak FIA. Pasalnya pembalap Aston Martin itu harus dijatuhi hukuman penalti 10 detik sebab timnya gagal memasang roda di mobilnya, lima menit sebelum dimulainya balapan.

Namun, penalti baru diumumkan setelah perlombaan memasuki Lap 22. Hal tersebut membuatnya mengkritik pihak FIA, “Jelas anggota tim sudah berusaha maksimal di grid dan saya pikir mereka bekerja sangat baik. Mereka benar-benar waspada,” kata Vettel.

Baca juga: Hasil F1 Imola 2021: Ferrari Tak Raih Podium Di Kandang Sendiri

“Saya kira kami bisa balapan lebih baik jika FIA lebih waspada, karena saya pikir kami melanggar aturan, itulah mengapa kami mendapat penalti. Tapi mereka tidak mengumumkannya sampai balapan dimulai, membuat kami membayar lebih banyak daripada yang seharusnya dilakukan di awal balapan. Itu sangat tidak profesional,” ujarnya.

Namun disisi lain, Race Director Formula 1, Michael Masi, menjelaskan bahwa dibutuhkan waktu bagi Steward untuk mengumumkan penalti kepada seorang pembalap, “Saya tidak merasa pengumumannya lebih lama dari yang seharusnya. Itu sudah jelas dilaporkan oleh delegasi teknis,” ucapnya.

Baca juga: George Russell Minta Maaf Ke Valtteri Bottas

“Setelah dilaporkan oleh delegasi teknis, karena laporan tertulis yang dia sampaikan kemudian muncul di sistem pengelolaan dokumen, barulah para Steward melihat regulasi, memastikan bukti dan menentukan hukumannya.” Jelas Michael.

Penalti terhadap Vettel dipicu masalah pada rem, yang terlalu panas sehingga merusak drum belakang. Komponen tersebut harus segera diganti oleh tim sebelum memulai balapan. Namun, kru Aston Martin kehabisan waktu dan memaksa Vettel start dari pit lane.