Sebelum Mudik Periksa Kaki-kaki Mobil Agar Selamat Sampai Tujuan

Sebelum Mudik Periksa Kaki-kaki Mobil Agar Selamat Sampai Tujuan Dok : Barbar Motorsport

KabarOto.com – Tinggal beberapa hari menjelang hari raya Lebaran tiba, waktunya orang-orang mudik bertemu sanak saudara untuk bersilaturahmi. Namun sebelum mudik, pastikan mobil yang Sobat KabarOto pakai kaki-kakinya dalam keadaan prima agar nyaman dan selamat sampai tujuan.

Caranya cukup mudah, untuk memastikan dan memeriksa kondisi kaki-kaki mobil sebelum mudik Lebaran.

“Selalu cek tekanan angin ban dan pastikan ban dalam kondisi yang ideal,” ujar Racca Ayodhya selaku punggawa Barbar Motorsport yang bermarkas di kawasan Gading Serpong, Tangerang Selatan.

Baca juga: Honda Sediakan 84 Titik Posko Mudik Lebaran Tahun 2022

Ban merupakan komponen paling mudah diperiksa sendiri di rumah, jangan sampai ban tipis atau kekurangan angin, sebab akan bahaya ketika dipakai perjalanan jauh.

“Selain ban, komponen kaki-kaki kendaraan seperti tie rod, long tie rod, ball joint, rack steer dan sokbreker juga sama penting nya. Lakukan pengecekan ke bengkel secara berkala seperti hal nya merawat mesin mobil. Beberapa komponen kaki-kaki bisa di service bila ada kerusakan, dan beberapa komponen lain nya harus diganti bila ada kerusakan,” jelas pria ramah itu.

Perawatan kaki-kaki itu sangat penting bagi keselamatan berkendara, sebab mobil tidak melulu soal mesin. Bagian kaki-kaki mobil tak kalah penting, mengingat perannya menghubungkan dari mobil ke jalanan.

Baca juga: Mudik Bareng Si Kecil, Perhatikan 5 Hal Berikut!

“Kita liat beberapa orang tidak terlalu memperhtikn kondisi kaki-kaki kendaraan mereka. Padahal bagian kaki-kaki adalah hal penting dalam sebuah kendaraan terutama untuk faktor keselamatan. Terlebih dengan kondisi infrastuktur di negara kita yang belum 100% baik,” papar Racca.