POPULAR STORIES

Intip Bocoran Motor Listrik Kawasaki Ninja E-1 Dan Z E-1

Intip Bocoran Motor Listrik Kawasaki Ninja E-1 dan Z E-1 Foto : Greatbiker

KabarOto.com - Setelah debut di ajang Suzuka 8 Hours 2022, motor listrik Kawasaki semakin mendekati peluncuran secara global. Kabar terbaru menyebut bila pabrikan siap melakukan produksi secara massal.

Hadir di EICMA 2022, sebelumnya Kawasaki menegakan, pihaknya sedang bersiap untuk meluncurkan sepeda motor listrik bagi masyarakat umum pada 2023.

Akan melakukan pengujian sertifikasi di Australia, motor ramah lingkungan tersebut diklaim aman dan nyaman dikendarai.

Baca Juga : Kawasaki Ninja ZX-6R Baru Meluncur di Indonesia, Harga Rp 359 Jutaan

Seperti dilansir Greatbiker, Kamis (3/8/2023), Kawasaki akan menggunakan nama Ninja E-1 sebagai motor sport full fairing dan Z E-1 untuk model naked. Pengajuan sertifikasi berisi gambar dari kedua model untuk produksi akhir.

Selain branding E-1 baru dan penambahan label regulasi, desain akhir kendaraan terlihat sangat mirip dengan prototipe yang yang ditampilkan di Milan dan digunakan untuk menjalankan pertunjukan di sekitar Suzuka tahun lalu.

Foto : Greatbiker

Ninja E-1 akan menggunakan kode produksi NX011A dan Z E-1 akan memiliki kode produksi NR011A. Meski terlihat mirip dengan versi prototipe, perubahan minor tersedia pada sistem pengereman dan pelek. Mengalami downgrade, motor kembali menggunakan perlengkapan yang sama dengan Ninja 300 dan Z300.

Meski belum disebutkan secara resmi, sistem transmisi menurut dokumentasi pengujian, motor disematkan penggerak listrik 11 kW, yang setara dengan 14,8 dk. Motor tersebut akan setara dengan mesin pembakaran internal berukuran 125-150 cc.

Baca Juga : Resmi Meluncur, Harga Kawasaki Ninja ZX-4RR Racing Setara Low MPV

Pengujian tersebut juga akan menentukan apakah kendaraan memiliki tenaga sebesar 9,0 kw atau setara dengan 12,1 dk secara berkesinambungan. Dengan begitu, motor lebih unggul dibandingkan kendaraan di kelas 150 cc.

Selain itu, dokumen sertifikasi menegaskan jarak sumbu roda berada di angka 53,9 inci untuk kedua model. Hal menarik lainnya ialah, setiap model akan ditenagai oleh dua paket baterai yang dapat dilepas, masing-masing berbobot sekitar 12 kilogram.

Kawasaki Ninja E-1 dan Z E-1 diharapkan menjadi yang pertama dalam jajaran motor listrik Kawasaki.