POPULAR STORIES

Segmen SUV Listrik, Generasi Kedua Porsche Macan Siap Mengaspal

Segmen SUV Listrik, Generasi Kedua Porsche Macan Siap Mengaspal Foto: Porsche

KabarOto.com - Setelah 10 tahun peluncuran Porsche Macan, kini bersiap dengan generasi keduanya. Tetap mengandalkan desain progresif, namun kini juga hadir dengan penggerak motor listrik yang akan menjadi andalan Macan generasi terbaru tersebut.

"Kami membawa Macan ke level yang benar-benar baru – dengan E-Performance yang luar biasa, Driver Experience baru, dan desain yang sangat mengesankan,” ujar Oliver Blume selaku Chairman of the Executive Board Porsche AG.

Baca juga: Begini Tantangan Michael Mauer Mendesain Porsche Macan Listrik Terbaru

Hadir dalam 2 varian, yakni Macan 4 dan Macan Turbo yang memiliki penggerak semua roda. Memiliki motor listrik yang dikendalikan melalui elektronika daya hampir secara real time. Porsche Traction Management (ePTM) yang dikontrol secara elektronik beroperasi sekitar lima kali lebih cepat dibandingkan sistem penggerak semua roda konvensional dan dapat merespons slip dalam waktu 10 milidetik.

Selain itu, distribusi penggerak semua roda diatur oleh program mengemudi yang dipilih. Porsche Torque Vectoring Plus (PTV Plus), kunci diferensial yang dikontrol secara elektronik pada gandar belakang, juga berkontribusi pada traksi, stabilitas berkendara, dan dinamika lateral Macan Turbo.

Motor listrik pada Macan baru mendapatkan energi dari baterai lithium-ion di bagian bawah bodi mobil, dengan kapasitas kotor 100 kWh, dan hingga 95 kWh dapat digunakan secara aktif.

Porsche secara eksklusif menggunakan motor listrik PSM generasi terbaru yang digerakkan secara permanen pada gandar depan dan belakang untuk mencapai efisiensi luar biasa dan memungkinkan reproduksibilitas output tenaga yang optimal. Angka-angka tersebut saja menunjukkan E-Performance kelas atas, jika dikombinasikan dengan Launch Control, Macan 4 menghasilkan tenaga overboost hingga 300 kW (402 dk), sedangkan Macan Turbo menghasilkan tenaga hingga 470 kW (630 dk). Torsi maksimumnya masing-masing 650 Nm dan 1.130 Nm.

Ini menjamin performa berkendara yang luar biasa. Porsche Macan 4 berakselerasi dari posisi diam hingga 100 kpj dalam 5,2 detik, sedangkan Macan Turbo hanya membutuhkan 3,3 detik. Kedua model ini mencapai kecepatan tertinggi masing-masing 220 kpj dan 260 kpj.

Baca juga: Cayenne Dan 911 Dianggap Jadi Tulang Punggung Porsche Selama Tahun 2023

Porsche mengembangkan Macan dengan fokus pada dinamika berkendara khas Porsche dan nuansa kemudi yang khas. “Berkat posisi kursi yang sangat sporty dan pusat gravitasi yang rendah, serta dinamika berkendara dan presisi kemudi yang mengesankan, Macan baru menghadirkan nuansa mobil sport yang sesungguhnya,” ungkap Wakil Presiden Lini Produk, Jörg Kerner.

Sejak tahun 2014, Porsche telah mengirimkan lebih dari 800.000 unit Macan ke seluruh dunia. Macan serba listrik ini, akan diproduksi dengan cara netral karbon di Pabrik Porsche Leipzig, Jerman. Model-model baru ini akan dikirimkan ke pelanggan pertama pada paruh kedua tahun ini. Harga termasuk PPN dan perlengkapan khusus negara di Jerman, di mana Macan 4 dibanderol €84.100 (sekitar Rp 1,4 miliar) dan €114.600 (sekitar Rp 1,96 miliar) untuk Macan Turbo.