POPULAR STORIES

Selesai Direnovasi, Intip Museum Moto Guzzi Yang Resmi Dibuka Kembali Untuk Pengunjung

Selesai Direnovasi, Intip Museum Moto Guzzi yang Resmi Dibuka Kembali untuk Pengunjung PID

KabarOto.com - Moto Guzzi Museum di Kota Mandello del Lario, Italia, telah resmi dibuka kembali sejak beberapa waktu lalu (29/04), setelah dilakukan renovasi museum yang bertujuan untuk menyambut proyek baru.

Museum ini menawarkan pengalaman berkunjung dengan konsep baru, memamerkan koleksi sepeda motor yang kini dibagi ke dalam tiga area utama bertematik, yakni model komersial, model balap, dan model militer, yang semuanya disusun secara berurutan.

Koleksi terhitung total 160 tipe model, telah di restorasi selama beberapa bulan terakhir, dengan operasional yang ditangani langsung oleh staf lokal Moto Guzzi.

Baca juga: Piaggio Indonesia Gandeng The Clan Moto Guzzi Jelajah Surabaya-Bali

Dimulai dari G.P. sebagai varian yang telah hadir sebelum berdirinya Moto Guzzi, hingga model-model terkini yang masih dan masih diproduksi, seperti salah satunya V85 TT.

Area baru di lantai dasar museum ini memajang deretan sepeda motor yang diproduksi dari tahun 2000 hingga saat ini, seperti di antaranya California 1400 dan Stelvio 1200.

Secara keseluruhan, sejarah Moto Guzzi diceritakan mulai dari bagian pertama di lantai dasar dengan menampilkan G.P. 1919, prototipe yang menjadi cikal bakal “Normale” sebagai produksi massal pertama Moto Guzzi pada 1921 silam.

Perjalanan berlanjut ke lantai dua, yang memamerkan model-model produksi tahun berikutnya hingga awal milenium baru, serta berbagai sepeda motor untuk fungsi militer.

Kunjungan tersebut kemudian berlanjut ke area kedua yang berlokasi di lantai dasar, yang merupakan rumah bagi seluruh model sepeda motor balapnya, termasuk koleksi kendaraan legendaris seperti Otto Cilindri yang futuristik pada masanya, sekaligus memberikan 14 gelar juara dunia untuk Moto Guzzi.

Berbagai penambahan baru turut disematkan ke bagian ini, termasuk area yang didedikasikan untuk mendiang Omobono Tenni, pembalap legendaris Moto Guzzi yang memenangkan Tourist Trophy pada tahun 1937.

Bagian ketiga dari ruang pameran baru ini menampung model-model langka, seperti 3X3 “Mulo Meccanico” sebagai kendaraan kerja di dekade 1960-an dengan penggerak tiga roda dan sespan Trialce, yang pertama kali diproduksi pada 1940 silam. Tampilannya juga mencakup lembar informasi untuk setiap model.

Baca juga: Moto Guzzi V7 Stone Centenario Dan V85 TT Centenario Resmi Mengaspal Di Indonesia

Beberapa diantara banyak sepeda motor yang dipamerkan adalah G.T. “Norge” dari akhir dekade 1920-an, Sport 15 tahun 1930-an, Guzzino dari tahun 1940-an, Falcone, Galetto 192 dan V7 Sport. Koleksi juga semakin lengkap dengan dipajangnya V50, Daytona 1000, Griso dan MGX-21.

Akses masuk Moto Guzzi Museum sepenuhnya bebas biaya, turnya dimulai dari gerbang merah yang terkenal melalui Parodi 63 di Kota Mandello del Lario, dari Senin hingga Sabtu.

Khusus hari Senin hingga Kamis, Museum buka dari pukul 14.30 siang waktu setempat hingga 16.30 sore, serta kunjungan harus melalui pemesanan sebelumnya.

Adapun jam operasional untuk hari Jum'at dan Sabtu diperpanjang hingga delapan jam, akses masuk gratis dari pukul 10.00 pagi waktu setempat hingga pukul 18.00 sore, serta pemandu tur tersedia jika dipesan terlebih dahulu.