POPULAR STORIES

Senjata Hankook Siapkan Ban Performa Tinggi Untuk Mobil Listrik Premium Tahun Ini

Senjata Hankook Siapkan Ban Performa Tinggi untuk Mobil Listrik Premium Tahun Ini Hankook

KabarOto.com - Pemerintah Indonesia terus mengakselerasi pengembangan industri mobil listrik nasional sebagai komitmen untuk menurunkan emisi karbon sebesar 29% pada tahun 2030.

Langkah ini turut diantisipasi produsen ban terkemuka asal Korea Selatan, Hankook Tire yang akan meluncurkan iON (diucapkan sebagai /ai’on/), yakni diklaim sebagai varian ban yang dirancang khusus untuk kendaraan listrik premium berperforma tinggi.

Baca juga: Ban Besar Laris, Ini Laporan Keuangan Hankook Kuartal Pertama 2022

Keistimewaan varian ban iON ini klaimnya meliputi pengurangan hambatan gulir (rolling resistance), rolling-noise yang lebih rendah, ketahanan yang tinggi, dan jangkauan yang lebih baik.

Sooil Lee selaku CEO & Presiden Hankook Tire & Technology mengatakan, “Dengan jangkauan yang lebih tinggi per pengisian baterai, ban generasi baru ini akan mengoptimalkan efisiensi kendaraan listrik dalam penggunaan sehari-hari.”

Selain itu, produk baru Hankook iON dirancang khusus untuk torsi tinggi instan yang dihasilkan oleh kendaraan listrik.

Menurutnya, hambatan gulir yang rendah akan berdampak pada penggunaan energi sehingga baterai mobil juga akan lebih tahan lama. "Selain itu, jika mobil listrik menggunakan ban mobil biasa, maka akan berdampak pada jarak tempuh yang semakin pendek dan ban akan cepat aus,” ujar Yoonsoo Shin.

Baca juga: Mobil Balap Listrik Volkswagen ID.4 GTX Gandeng Hankook Berhasil Pecahkan Rekor Dunia

Produk iON akan tersedia dalam tiga desain saat peluncuran pasar, dalam ukuran antara 18 dan 22 inci. Mulai Mei 2022 ban tersebut diluncurkan sebagai ban musim panas yakni Hankook Ventus iON S, selanjutnya pada September 2022 untuk ban musim dingin sebagai Hankook Winter i*cept iON. Ban Hankook Ventus iON A akan tersedia sebagai versi sepanjang musim untuk pasar Amerika Utara.

“Indonesia memiliki potensi pasar yang besar untuk mobil listrik, dengan tingkat kepemilikkan kendaraan yang tinggi di kota-kota besar. Kami siap mendukung target pemerintah dalam mencapai penurunan emisi karbon lewat terwujudnya kendaraan listrik yang lebih terjangkau,” tutupnya.