POPULAR STORIES

Setir Getar Saat Mengerem? Mungkin Ini Penyebabnya

Setir Getar Saat Mengerem? Mungkin Ini Penyebabnya Setir getar akibat pengereman tak optimal (Foto: Kipli)

KabarOto.com – Pernah atau sedang mengalami setir mobil bergetar saat melakukan pengereman? Hal itu bisa disebabkan oleh rem yang tidak bekerja dengan baik. Biasanya karena cakram tidak bekerja secara maksimal.

“Jika baru saja melakukan servis kendaraan atau mengganti cakram kemudian timbul permasalahan ini, maka bisa jadi karena posisi cakram yang tidak tepat,” ujar Herry Liu, owner Bandar Per, Cikokol, Tangerang.

Bukan hanya menyebabkan kemudi bergetar saat mengerem, cakram yang berada dalam posisi tidak tepat berisiko menghabiskan kampas yang menekan cakram.

Baca Juga: Kenali Perbedaan Type Minyak Rem DOT 3, 4, 5, 5.1

“Bawalah kembali ke bengkel untuk melakukan pemeriksaan ulang, agar masalah tersebut tak berangsur terjadi. Karena merugikan kalau dibiarkan dalam jangka waktu yang lumayan lama,” imbuh pria berkacamata itu.

Selain itu meskipun cakram didesain untuk mampu menahan suhu cukup tinggi dan benturan, itu bukanlah jaminan. Sebab cakram dapat bengkok karena terkena suhu yang melebihi batasnya atau benturan yang sangat keras.

Jika hal tersebut terjadi, yang Anda perlukan adalah segera mengganti cakram untuk menghilangkan kemudi bergetar saat mengerem.

Jika kedua hal tersebut tidak terjadi, kemungkinan lain penyebabnya adalah persoalan kaki-kaki terutama saat melakukan pengereman. Kaki-kaki bukan hanya berfungsi sebagai stabilisator atau peredam benturan, tetapi juga menjaga agar kinerja pengereman menjadi maksimal.