Siap-Siap, Toyota Camry Generasi Baru Akan Masuk Asia Tenggara

 Siap-Siap, Toyota Camry Generasi Baru Akan Masuk Asia Tenggara Foto: toyota.com.au

KabarOto.com – Toyota Camry generasi terbaru dalam waktu dekat akan memasuki pasar Asia Tenggara, setelah sebelumnya rilis di Eropa dengan beberapa tipe.

Punya kode bodi XV70, generasi ke-8 sedan ini memang terlihat lebih keren dan sporty, ketimbang pendahulunya yang memiliki desain lebih ke arah mewah dan elegan.

Sementara, negara pertama yang beruntung melihat Camry ini di kawasan Asia Tenggara adalah Thailand. Menurut kutipan dari Paultan.org, mobil tersebut akan rilis minggu depan di Thailand pada 29 Oktober mendatang.

Baca Juga: Profil - Toyota Vellfire 2018

Camry model baru ini akan mengusung platform Toyota New Global Architecture alias TNGA GA-K, yang sama seperti dipakai C-HR.

Versi yang masuk ke Thailand, diperkirakan pakai mesin 4 silinder berkapasitas 2.500 cc, yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 205 dk dan torsi sebesar 252 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke transmisi otomatis 8 percepatan.

Tidak hanya itu, kemungkinan Camry akan menggunakan mesin 3.500 cc lagi. Mesin V6, 3.5L D-4S mungkin akan disematkan untuk opsi yang menginginkan tenaga lebih besar 305 dk dan torsi sebesar 362 Nm.

Melihat eksterior, sepertinya Toyota ingin mengubah image elegan Camry jadi lebih sporty. Pada bagian depan, terlihat lampu baru dengan proyektor dan DRL model 3 garis baru, yang lebih tajam dari sebelumnya. Bumper depan juga sudah mengikuti bahasa desain baru Toyota.

Baca Juga: Profil – Toyota New Alphard

Lekukan gril yang besar, membuat kesan elegan dari mobil ini jadi hilang berganti sporty. Bagian lubang udara juga dibuat lebih besar dan fog lamp ditiadakan. Jika mencari lis krom pada bagian depan, maaf tidak ada selain bagian emblem Toyota.

Untuk sisi samping mobil ini, terdapat side skirt baru yang lebih aerodinamis. Spion juga mengalami ubahan, dimana tangkai spion sudah berada di pintu, bukan dekat pilar A lagi. Pelek juga mendapat model baru dengan warna dual tone, namun tergantung dari tipe apa yang dimasukkan ke pasar Asia nantinya.

Ubahan di bagian belakang berhasil didesain oleh Toyota jadi jauh lebih keren, lampu dibuat lebih tajam, serta penggunaan lampu LED. Pada bagasi, terdapat ducktail tipis yang mempermanis tampilan belakang, logo Camry baru juga tegas berada di tengah antara lampu rem.

Baca Juga: Profil - Toyota C-HR 2018

Pada bagian bawah lampu rem juga terdapat lubang kecil, yang digunakan untuk jalur buang angin dari roda belakang. Lalu ada diffuser sewarna bodi, yang menambah kesan sport dari mobil ini, lengkap dengan model muffler 2 lubang.

Jika dilihat dari Camry yang sudah rilis di negara lain, ada perbedaan pada tiap jenisnya. Contoh Camry Ascent, pada tipe ini lampu utama belum menggunakan LED DRL seperti SX, lubang udara pada gril lebih besar dan juga pemakaian pelek masih menggunakan warna silver. Bagian belakang juga masih menggunakan single muffler dan belum disertai diffuser.

Tipe Ascent Sport Hybrid, SL, serta SX, desain bodi semua sama. Hanya saja pada versi Ascent Sport, lampu masih sama dengan Ascent biasa. Sementara SL dan SX punya lampu yang sama. Pelek Ascent Sport dan SL juga masih silver, hanya SX yang dual tone.

Memang belum diketahui tipe apa yang akan masuk ke pasar Asia. Namun dari bocoran yang ada, cukuplah supaya yang sudah siap-siap beli Camry, enggak penasaran dengan bentuk dan perbedaan tipe mobil tersebut. (Deddy Darmanto)

Baca Juga: Keren..Toyota Dan Adidas Kolaborasi Bangun C-HR