POPULAR STORIES

Simak Cara Mengecek Kondisi Ban Motor Sebelum Digunakan

Simak Cara Mengecek Kondisi Ban Motor Sebelum Digunakan Ban perlu dicek kondisinya sebelum digunakan (Foto: DAM)

KabarOto.com - Pengendara sepeda motor harus memastikan kondisi kendaraan dan fisiknya selalu prima. Salah satu bagian penting yang harus diperiksa sebelum berkendara, adalah mengecek dan mengukur tekanan ban sepeda motor.

“Kondisinya yang sudah aus dan kekurangan tekanan angin, akan membuat perjalanan kita tidak nyaman dan terganggu,” ujar Ade Rohman, Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora.

Ada 2 (dua) cara untuk pemeriksaan dan mengukur tekanan ban sepeda motor, yakni;

1. Pemeriksaan Secara Visual

Pemeriksaan secara visual dilakukan untuk memastikan kondisi ban dalam keadaan baik, tak ada retakan atau sayatan pada dinding ban, yang akan mempengaruhi daya tahannya. Lalu pastikan pula tak ada benjolan pada permukaan ban.

Selain itu, pemeriksaan secara visual juga untuk memastikan kondisi kembang ban masih dalam keadaan bagus, dengan mengecek indikator ketebalan ban.

Baca Juga: Cara Daya Adicipta Motora Perbaiki Situasi Korban Gempa Cianjur

Indikator ketebalan biasanya ditandai dengan lembang segitiga, atau huruf TWI (Tread Wide Indicator). Jika permukaan ban sudah sejajar dengan tinggi indikator, itu artinya ban sudah harus diganti.

Pemeriksaan secara visual juga untuk memastikan tidak ada benda tajam seperti paku, jarum dan lainnya yang menancap di permukaan ban.

2. Menggunakan Alat Pengukur Tekanan Ban

Pemeriksaan dapat menggunakan alat pengukur tekanan udara (Tire Gauge), untuk memastikan bahwa angin masih dalam batas normal, tidak terlalu kencang dan tidak terlalu kempis. Lakukan pemeriksaan ini, saat kondisi ban dalam keadaan dingin.

Baca Juga: Ikatan Motor Honda Bandung (IMHB) Resmi Injak Usia 20 Tahun

Setiap jenis ban motor memiliki standar ukuran tekanan udara berbeda-beda. Lihatlah di buku pedoman pemilik kendaraan, standar tekanan ban yang direkomendasikan adalah, untuk depan 29 Psi dan belakang 33 Psi.