POPULAR STORIES

Skalputride, Kontes Modifikasi Khusus Builder Kalimantan Bakal Digelar

Skalputride, Kontes Modifikasi Khusus Builder Kalimantan Bakal Digelar Skalputride 2019

KabarOto.com - Kontes modifikasi sepeda motor selama ini banyak digelar di Pulau Jawa. Builder-builder asal pulau tersebut memang sangat ciamik dalam melahirkan sebuah karya modifikasi yang diakui mancanegara. Namun siapa sangka, jika Kalimantan Timur juga memiliki builder lokal, yang karyanya tidak kalah dengan builder-builder nasional lainnya.

Mewadahi kreativitas builder di Balikpapan, Kalimantan Timur, akhir pekan ini ada sebuah kontes modfikasi bernama Skalputride Kustom Kulture Exhibition 2020. Dalam event ini, karya-karya terbaik putra kota minyak itu akan ditampilkan. Sebenarnya bukan kali pertama event ini dibuat. Tahun 2019 lalu, Skalputride Kustom Kulture Exhibition juga digelar dan mampu menarik peserta yang cukup banyak.

Baca Juga: Bikers Jabodetabek Patut Datang Ke Custom Collaboration Akhir Pekan Ini

Ryan Nirwan, tahun ini didaulat untuk menjadi Project Leadr Skalputride 2020 bercerita sedikit tentang kontes modifikasi ini. "Jadi lima tahun lalu, Adhi, Nara, Cholis dan Erson, bikin gagasan mau buat acara yang bisa menampung hasil karya dari para builder lokal. Tahun lalu baru terlaksana," terangnya. Tahun lalu dibuat berbarengan dengan HUT Kota Balikpapan, sehingga cukup meriah.

Ryan sendiri mengaku, yang ingin dicapai adalam event ini dalah menumbuhkan rasa percaya diri builder lokal. "Wadah seperti ini di Kalimantan Timur itu sangat jarang, jadi tahun ini saya harap banyak builder lokal yang berani untuk menampilkan modifikasi motornya," papar pereli nasional di bawah naungan BRM Motorsport ini.

Dia pun berharap Skalputride bisa seperti Kustomfest yang rutin digelar di Yogyakarta dan dikenal di seluruh Indonesia. Meski yang ikut cukup banyak, namun Ryan mengaku akan membatasi jumlah peserta, hanya 40 saja. "Gak ada maksud membatasi sih, cuma kami ingin tampilkan builder yang punya inovasi dan kreatifitas dalam membangun sebuah motor.

Sampai dia memberikan keterangan kepada Kabaroto, peserta sudah mencapai target. "Ya sudah penuh jadi enggak kita tambah lagi," tegasnya. Event ini akan menampilkan beberapa kelas, yaitu di atas 250cc, custom FFA, Chopper, Streetcub, Classic Original di atas tahun 1980, Vespa (Classic/Restoration).

Baca Juga: Pakai Knalpot Custom Kit By Katros, Honda ADV150 Tambah Keren

Tak hanya menampilkan motor-motor modifikasi, acara ini juga akan diisi dengan fun race dan panggung musik yang akan menampilkan Efek Rumah Kaca. "Kita juga mau bikin lelang helm pinstripe, hasilnya akan didonasikan ke Yayasan Kanker sebagai bentuk kegiatan sosial untuk membantu sesama," tambahnya. Untuk lebih memeriahkan acara, penyelenggara juga akan memajang deretan mobil-mobil klasik.