Strategi Red Bull Racing Ganti Komponen, Siap Hadapi 8 Seri Tersisa

Strategi Red Bull Racing Ganti Komponen, Siap Hadapi 8 Seri Tersisa Foto: Formula 1 dan ExxonMobil

KabarOto.com - Kemenangan Max Verstappen (Red Bull Racing) di Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia, pada hari Minggu kemarin (28/08), terlihat fantastis. Hal tersebut tak lepas dari peran pergantian komponen baru di RB18 tunggangan Verstappen.

Setelah melakukan pergantian komponen yang telah melampaui ambang batas sesuai regulasi, maka Verstappen harus melakuka start dari posisi 14 akibat penalti yang diterimanya. Walaupun sebenarnya dia telah mencetak waktu tercepat di kualifikasi.

Komponen yang diganti kebanyakan dari bagian mesin, seperti Motor Generator Unit Heat (MGU-H), Motor Generator Unit Kinetic (MGU-K), dan komponen lainnya. Tentu pergantian ini memiliki keuntungan, mesin lebih segar dan baru. Pastinya bisa berlari lebih cepat.

Baca juga: Hasil F1 Belgia 2022, Red Bull Racing Raih Poin Sempurna

Verstappen tampil memukau, cepat di kualifikasi dan saat balapan

Akhirnya Verstappen memberikan kejutan kepada penonton dan para penggemar di Tanah Air, memulai balapan dari posisi 14, kemudian melesat cepat selepas start untuk akhirnya sedikit demi sedikit berhasil masuk tiga besar, sebelum akhirnya benar-benar menguasai balapan di Belgia tersebut.

Menggunakan hampir seluruh komponen yang diganti, tentu RB18 tunggangan Verstappen jadi lebih kencang. Komponen baru bikin pembalap asal Belanda itu percaya diri memacu kedaraannya. Menyalip satu demi satu pembalap dengan tenang, Verstappen juga mengambil keuntungan dengan adanya Safety Car, ia menyalip dan tetap menjaga kondisi ban.

Ini juga bisa menjadi salah satu strategi tim, agar RB18 bisa terus mengakomodir kemenangan Verstappen di sirkuit-sirkuit selanjutnya. Masih ada 8 seri tersisa, sebelum musim 2022 ini benar-benar selesai.

Red Bull Racing menyapu titel juara 1 dan 2 di F1 Belgia, Verstappen tampil sebagai juara dan Sergio Perez sebagai runner-up. Kemenangan 1-2 ini tentunya sangat menguntungkan bagi Red Bull Racing yang disponsori oleh Mobil Lubricants, menunjukan kehebatan mesin Honda V6 Turbo Hybrid 1.600 cc yang menggunakan pelumas mesin Mobil1.

“Sembilan kemenangan diraih Verstappen dan finis 4 kali 1-2 bersama Perez merupakan pencapaian luar biasa bagi tim di balapan F1 modern saat ini. Hal ini tentunya membanggakan bagi para penggemar F1 terutama di Indonesia. Posisi kedua pembalap di klasemen juga semakin unggul untuk perebutan Juara Dunia F1 2022,” ujar Sri Adinegara selaku Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI).

Baca juga: Double Podium Buat Red Bull Racing Kokoh Pimpin Klasemen Konstruktor F1 2022

Kemenangan 1 dan 2 di Belgia, modal percaya diri hadapi balapan berikutnya

Sri Adinegara juga kagum akan kemenangan Verstappen, sebagai juara dunia F1 mampu menunjukkan kemampuannya, setelah menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi dan menang balapan. Kemudian Verstappen pun torehkan lap tercepat saat balapan.

Sri Adinegara menyampaikan bahwa pelumas yang digunakan oleh Red Bull Racing tersedia di pasar Indonesia seperti rangkaian produk pelumas Mobil1 dan Mobil Super yang tersedia di bengkel-bengkel kesayangan Anda.

"Balapan selanjutnya di Sirkuit Zandvoort dan Monza. semoga Verstappen dan Perez melanjutkan tren positif. Kemenangan akan menjadi kebanggaan Mobil Lubricants yang turut mendukung performa RB18 sepanjang musim Formula 1," tutup Sri Adinegara.