POPULAR STORIES

Sudah Diproduksi Di Indonesia, Berapa Kandungan Lokal Motor Listrik Alva One?

Sudah Diproduksi di Indonesia, Berapa Kandungan Lokal Motor Listrik Alva One? Motor listrik Alva One (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Setelah diluncurkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, motor listrik Alva One diklaim sudah dipesan sebanyak ribuan unit.

Meskipun tidak menyebut angka detailnya, Chief Business Officer PT Ilectra Motor Group (IMG), Putu Swaditya Yudha mengatakan pemesanan Alva One sejak diluncurkan di GIIAS 2022 sudah tembus 4 digit (ribuan).

"Respon masyarakat positif terhadap Alva One. Saat ini, pabrik kami di Cikarang terus beroperasi untuk memenuhi permintaan konsumen," jelas Adit saat ditemui di Jakarta, Rabu (30/11).

Baca juga: Motor Listrik Alva One Bekas KTT G20 Bali Tidak Dijual

PT Ilectra Motor Group (IMG) selaku pemegang merek Alva di Indonesia mengklaim, motor listriknya merupakan produk asli Indonesia. Sementara perakitannya dikerjakan di pabrik mereka yang bertempat di Cikarang, Jawa Barat.

Serah terima unit Alva One

Namun, kandungan lokal pada motor listrik tersebut belum mencapai 40 persen. Di mana, target pemerintah untuk kandungan lokal pada kendaraan listrik minimal adalah 40 persen.

"Kandungan lokal pada Alva One, kami masih berproses sampai sekarang. Tapi sesuai janji kami pas GIIAS 2022, tahun depan kami akan memenuhi target pemerintah minimal di 40 persen," ungkap Aditya.

Baca juga: Ilectra Motor Group Serahkan 10 Unit Alva One Ke Konsumen

Sebagai informasi, Motor listrik Alva One ditawarkan dalam lima pilihan warna, di antaranya Supernova Black, Halo White, Indie Red, Casual Blue, dan Edgy Turquoise. Harganya sekitar Rp 34,9 jutaan.

Mesin penggerak skutik ini menggunakan motor listrik bertenaga 5,4 dk, dan torsi maksimal 46,5 Nm. Dengan baterai lithium 60 V 4,5 Ah (2,7 kWh), butuh waktu empat jam sekali pengisian. Di atas kertas, kecepatannya bisa sampai 90 kpj, jarak tempuh 70 km.