POPULAR STORIES

Suzuki Berinvestasi Rp 13,6 Triliun, Bangun Pabrik Baterai Di India

Suzuki Berinvestasi Rp 13,6 Triliun, Bangun Pabrik Baterai di India Baterai mobil listrik (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Suzuki berinvestasi senilai INR 7.300 crore atau USD 914 juta setara Rp 13,6 triliun, untuk membangun pabrik baterai kendaraan listrik di Hansalpur, Gujarat, India.

Dilansir dari PV Magazine, peletakan batu pertama pembangunan pabrik, berlangsung pada 28 Agustus 2022, oleh Perdana Menteri Narendra Modi.

Selain sebagai bagian dari investasi pembangunan pabrik baterai ini, juga untuk merayakan 40 tahun Suzuki di India.

Baca juga: Cara Mengetahui Baterai Suzuki Ertiga Hybrid Harus Diganti

India sendiri merupakan salah satu pasar terbesar Suzuki, baik motor dan mobil. Nantinya, pabrik ini akan menyuplai kebutuhan baterai, untuk seluruh kendaraan listrik buatan Suzuki.

Mobil listrik Suzuki (Foto: Autocar India)

Namun belum diketahui, nantinya apakah akan menyuplai kebutuhan baterai listrik untuk kendaraan merek lain. Pabrikan berlambang 'S' ini, rencananya akan perkenalkan kendaraan listrik pertama untuk pasar Hindustan di tahun 2025. Dan investasi baterai ini, merupakan bagian dari rencana itu.

Suzuki pun sudah berkomitmen untuk berinvestasi, sekitar INR 10.400 crore atau USD 1,3 miliar, untuk membuat kendaraan listrik dan baterai di pabrik Suzuki Motor, Gujarat.

Pabrik di Gujarat, akan menjadi tempat produksi baterai kedua di India, setelah TDS Lithium-Ion Battery Gujarat (TDSG), hasil kerjasama dengan Toshiba dan Denso.

Baca juga: Baterai Suzuki Ertiga Hybrid Yang Nanti Tak Terpakai Lagi, Bagaimana Nasibnya?

TDSG mrupakan pabrik pembuatan baterai lithium-ion pertama di India, sel baterai banyak menggunakan bahan lokal. Di pabrik ini untuk memasok baterai lithium-ion, untuk kendaraan smart hybrid Maruti Suzuki.