Swap Dan ABC Kerjasama Untuk Percepat Produksi Dan Penyediaan Baterai Motor Listrik

Swap dan ABC Kerjasama untuk Percepat Produksi dan Penyediaan baterai Motor Listrik Baterai ABC untuk Swappoin (Foto: kabarOto)

KabarOto.com - Perusahaan penyedia baterai motor listrik SWAP Energi Indonesia melakukan kerjasama dengan pabrikan baterai listrik Indonesia, PT International Chemical Industry, produsen baterai ABC. Keduanya sepakat mempercepat penyediaan baterai untuk penggunaan motor listrik.

SWAP Energi Indonesia, menyatakan, saat ini baterai ABC sudah berpartisipasi dalam percepatan penggunaan EV, mereka memproduksi cell cylindrical, juga dalam bentuk baterai pack.

Baca juga: Katalis Dan ABC Bangun Pabrik Baterai Untuk Motor Listrik

Marketing Director PT International Chemical Industry (Baterai ABC Lithium) Hermawan Wijaya dalam keterangannya di PEVS 2022 mengatakan, pihaknya telah membuat baterai motor listrik sejak 2019.

baterai Lithium ABC (Foto: kabarOto)

Meski berada dalam situasi pandemi, menjadi tantangan dalam memproduksi baterai motor listrik, namun perusahaan akhirnya dapat membuat perangkat penyimpan energi tahun ini.

Hermawan menjelaskan, bahan yang digunakan dalam pembuatan baterai motor listrik ABC adalah Lithium Ferro Phosphate. ABC memilih material tersebut, karena bahan tidak mudah terbakar, juga memiliki daya tahan lama.

Sementara itu, Irwan Tjahaja, founder PT SWAP Energi Indonesia menjelaskan, kerja sama ini akan mempercepat produksi dan penyediaan baterai berkualitas. Sehingga tercipta keamanan dan kenyamanan bagi pengendara motor listrik.

Baca juga: Astra Otoparts Hadirkan Pengisian Baterai Kendaraan Listrik

Nantinya,pengendara motor bisa menukar baterai berkali-kali dalam sehari, tanpa dikenakan biaya. Estimasi waktunya hanya 9 detik, mereka sudah mendapat baterai dalam kondisi penuh, untuk kembali menunggai motor listrik untuk beraktivitas.

Proses penukaran SWAP baterai secara gratis ini, didukung juga dengan garansi baterai seumur hidup. SWAP akan menyediakan 400 titik SWAPPoin lebih, melalui jaringan Alfamidi, Alfamart, dan Shell di area Jabodetabek. Di Bali, terdapat puluhan SWAPPoin di jaringan Circle-K.