Tak Hanya Toyota Team Indonesia, Toyota GAZOO Racing Kunci Gelar Juara Dunia WRC 2019

Tak Hanya Toyota Team Indonesia, Toyota GAZOO Racing Kunci Gelar Juara Dunia WRC 2019 Foto: TAM

KabarOto.com - Tidak hanya berhasil meraih gelar juara nasional ajang motorsport domestik, pembalap Toyota GAZOO Racing (TGR) Ott Tänak yang menggunakan Toyota Yaris juga memenangkan ajang motorsport bergengsi tingkat dunia yaitu FIA World Rally Championship (WRC) pada Minggu (27/10/2019).

Pembalap Toyota GAZOO Racing World Rally Team Ott Tänak bersama co-driver Martin Järveoja yang menggunakan Toyota Yaris berhasil mengukir sejarah mengamankan gelar juara dunia perdana mereka pada ajang FIA World Rally Championship setelah meraih posisi kedua pada Rally de España berlangsung selama 3 hari.

Kemenangan Tänak dan Järveoja ini merupakan kali pertama dua orang berkebangsaan Estonia berhasil bekerja sama dan meraih juara dunia pada ajang WRC. Selain itu kemenangan ini adalah kali ke-5 dimana pembalap Toyota meraih driver title setelah pertama kali diraih oleh Didier Auriol pada tahun 1994.

Baca Juga: Tak Hanya Gymkhana Dan ISSOM, Tahun 2019 Toyota Team Indonesia Libas Trek Speed Offroad

Berhasil memenangkan 6 dari 12 seri rally, Tänak telah mengamankan penghujung musim balap 2019 dengan keunggulan sebanyak 28 poin pada klasemen. Pada Rally de España, awalnya Tänak hanya mampu mencatatkan waktu 5 besar di hari pertama saat melalui lintasan berjenis gravel, sebelum akhirnya mencatatkan waktu 3 besar setelah berhasil memenangkan 4 stage di lintasan berjenis asphalt secara berturut-turut.

Pada hari Minggu, Tänak yang menggunakan Toyota Yaris melalui lintasan sepanjang 20,72 kilometer dengan catatan waktu terbaik, dia lebih cepat 3,6 detik dari pembalap lainnya. Hasil ini, Tänak tidak hanya berhasil meraih bonus sebanyak 5 poin, tapi juga berhasil menaikkan peringkatnya ke posisi ke-2.

Sementara itu pembalap Toyota GAZOO Racing World Rally Team lainnya yaitu Jari-Matti Latvala berhasil finish di posisi ke-5. Hasil baik ini sangat penting untuk mengamankan manufacturers’ championship points, dimana saat ini Toyota memiliki peluang untuk menjadi juara dunia di putaran final Australia yang berlangsung pada 14 – 17 November 2019 mendatang.