POPULAR STORIES

Tarik Investasi Sektor Otomotif, Menperin Kunjungi Jepang

Tarik Investasi Sektor Otomotif, Menperin Kunjungi Jepang Pekerja pabrik otomotif

KabarOto.com - Industri otomotif dinilai paling potensial untuk meningkatkan perekonomian Indonesia di masa pandemik Covid-19. Selain itu, industri ini juga membuka lapangan pekerjaan dan mengangkat industri lokal.

Guna mendorong realisasi investasi di sektor manufaktur nasional, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengunjungi Jepang. Menperin memenuhi undangan sejumlah produsen otomotif seperti Toyota, Mitsubishi Motors, Honda, Suzuki dan Mazda.

Baca Juga: Ini Rencana Kemenperin Sulap Indonesia Agar Beralih Ke Kendaraan Listrik

Selain itu juga menemui beberapa counterpart meliputi Menteri METI dan special advisor kantor Perdana Menteri Jepang. Delegasi juga akan bertemu Kaidanren dan Japinda (Japan Indonesia Association).

Agus Gumiwang menuturkan, Menperin akan all out untuk menarik investasi. "Kunjungan kali ini khusus untuk mengawal komitmen investasi baru sektor otomotif dan petrokimia," terangnya, Kamis (11/03).

Menperin juga mendorong investor Jepang untuk melakukan pengembangan kendaraan listrik atau electrified vehicles (EV). Kemenperin juga berupaya memperluas pasar ekspor produk otomotif Indonesia, untuk tujuan Australia.

Baca Juga: Menperin: Pemberian Insentif Untuk Industri Otomotif Wajar

Kunjungan Menperin kali ini merupakan kunjungan kerja Menteri pertama di dunia yang diterima secara resmi oleh pemerintah Jepang semenjak negara Sakura tersebut menetapkan status State of Emergency. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia merupakan partner bilateral yang sangat penting bagi Jepang.