POPULAR STORIES

Test Ride Kawasaki Ninja ZX-25R, Beringas Tapi Mudah Dikendalikan

Test Ride Kawasaki Ninja ZX-25R, Beringas Tapi Mudah Dikendalikan

KabarOto.com - Kawasaki Motor Indonesia memberi kesempatan KabarOto.com untuk menjajal motor barunya, Kawasaki Ninja ZX-25R. Apalagi mengujinya di sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, yang selalu digunakan oleh para pencinta balap di Indonesia.

Kawasaki Ninja ZX-25R sendiri merupakan rakitan di Indonesia karena didatangkan dalam kondisi Completely Knock Down (CKD).

Penasaran semakin menjadi, karena terbilang lama tak menguji adrenalin di lintasan yang dahulu pernah digelar balapan bergengsi GP500. Oh iya, sekarang dikenal balap MotoGP.

Berlanjut, tim Kawasaki memberikan sedikit briefing singkat tentang performa motor. Agar tidak kaget dengan apa yang disajikan motor yang harganya setara LCGC ini. Paling mahal adalah Kawasaki Ninja ZX-25R ABS SE, harganya Rp 112,9 juta.

Baca Juga: Meski Lebih Mahal, Kawasaki Ninja ZX-25R SE Lebih Laris Dari Tipe Standar

Setelah menggunakan jaket, body protektor dan juga helm, tidak ketinggalan sarung tangan, saya pun menuju motor berwarna hijau khas Kawasaki yang sudah disiapkan. Ada lima motor, kebetulan saya dapat motor ketiga.

Saat mendekati motor ini, semakin menggugah adrenalin, karena rombongan saya sudah memainkan throttle gas, suaranya sangat memburu. Yup, itu karakter dari empat silinder, apalagi saat coba ikut memelintir bukaan gas motor yang saya tunggangi, jarum putaran mesin (rpm) sangat cepat menyentuh angka 17.000.

Yup, perancang mesin empat silinder ini terbilang sukses menghipnotis saya. Tak ada getaran berarti saat mesin meraung ketika motor diam. Tak sabar rasanya ingin bergegas melesat di lintasan sepanjang 3,9 km ini. Beruntung, tak lama menunggu, kibasan dari tim Kawasaki mempersilakan rombongan menikmati performa mesin 250 cc 4 silinder yang pernah dipamerkan di Tokyo Motor Show 2019.

Tak terburu-buru seperti penguji lainnya. Saya lebih memilih seberapa halusnya perpindahan 6 percepatan yang dihadirkan Ninja ZX-25R. Dari satu, ke dua sampai tiga bermain di 8.000 rpm seperti layaknya di jalan raya terbilang mudah untuk bermain di 80-100 kpj.

Ketika dari gigi 3 beralih ke gigi empat hingga menyentuh 12.000 rpm, saya rasakan masih agresif sambil membayangkan menyalip dua hingga tiga mobil. Memelintir penuh dan beralih kelima dan enam seakan tak merasakan di lintasan lurus sudah menyentuhkan angka digital 160 kpj.

Baca juga: Komentar Pembalap Nasional Tentang Kawasaki Ninja ZX-25R

Ada sebelas tikungan di sirkuit Sentul, eksplorasi kami lanjutkan di kemampuan suspensi dan frame yang bentuknya cukup mengagumkan seakan terinspirasi Kawasaki Ninja H2. Ah, beruntung masih ingat tikungannya, meski hampir setahun tak berkunjung ke Sentul, belum lagi aktivitas balap dihentikan akibat wabah virus Corona.

Selepas lintasan lurus dan meluncur mulus ke tikungan pertama dan memacu lagi menuju tikungan kedua dengan kecepatan tinggi, Ninja ZX-25R ini bisa mudah kembali ke lintasan. Saya terpukau dengan kemampuan Quick Shift Ninja ZX-25R ini. Yup, tak perlu tarik tuas kopling untuk menurunkan posisi gigi. Memang sempat khawatir akan terkunci ban, bersiap-siap saja tangan bila ban terkunci ketika engine brake.