POPULAR STORIES

Tidak Banyak Tahu, Honda Sempat Kembangkan Alat Berjalan Bagi Penderita Stroke

Tidak Banyak Tahu, Honda Sempat Kembangkan Alat Berjalan Bagi Penderita Stroke

KabarOto.com – Honda tidak melulu soal mobil dan motor, sesuai dengan visi masa depan mereka untuk menciptakan mobilitas yang dapat mudah diakses semua orang, Honda terus melakukan penelitian dan pengembangan alat-alat mobilitas terbaru.

Seperti halnya pengembangan terbaru dari Honda untuk para penderita stroke. Merancang alat bernama Honda Walking Assist Device (HWAD), sebuah alat bantu untuk pasien yang masih memiliki kemampuan berjalan namun terbatas seperti pada penderita stroke.

Baca jug: Honda Vietnam Tembus Produksi 100 Ribu Kendaraan

HWAD dirancang dan dikembangkan sejak 1999 berdasarkan cara manusia berjalan kaki dan ASIMO, robot humanoid Honda. Lalu mulai 2013, Honda bekerjasama dengan 50 rumah sakit dan fasiltas lainnya di Jepang. Pertama kali diuji 2014 di Shirley Ryan AbilityLab. Setelah beberapa percobaan akhirnya Honda menerima lisensi FDA.

Pada November 2015, Honda Motor Co. Ltd mulai menyewakan HWAD ke 250 fasilitas kesehatan di Jepang, ditujukan penderita yang sedang rehabilitasi medis, latihan atau terapi dibawah bimbingan dokter atau terapis.

Lanjut ke 2017, akhirnya alat ini diperkenalkan dalam rangkaian Tokyo Motor Show 2017 dan 2019, Honda telah memperoleh sertifikasi di Eropa (CE), menjadi persyaratan dalam mendistribusikan dan menjual alat medis di negara-negara Eropa.

Sedangkan pada 2019, perangkat baru saja mendapatkan pre-market notification dari lembaga BPOM Amerika Serikat, dan telah terbukti mendukung penyembuhan pada bagian neuromuscular di bawah pengawasan ahli kesehatan. Lisensi tersebut merupakan persyaratan untuk pendistribusian alat-alat medis di Amerika Serikat, meskipun saat ini Honda belum mengumumkan rencana menjual alat bantu jalan tersebut.

Baca juga: Honda HR-V Terbaru Punya Spesifikasi Khusus Untuk Pasar Amerika Utara

Cara kerja HWAD memberikan dorongan pada pinggang dan paha sehingga penggunanya dapat berjalan kaki secara lebih simetris, lebih cepat dan lebih jauh. Perangkat ini dipakaikan di pinggang dan betis penggunanya

Honda Walking Assist Device memiliki ukuran diameter sekitar 430 mm - 495 mm dan berat 2,7 kg. Alat ini dapat beroperasi selama 60 menit untuk sekali pengisian daya penuh, dan menggunakan baterai lithium-ion bertegangan 22,2V - 1Ah dengan output torsi maksimal 4 Nm.