POPULAR STORIES

Tinjau Tol Trans Jawa Jelang Nataru, Komisi V DPR RI: PUPR Perhatikan Tol Mojokerto-Kertosono

Tinjau Tol Trans Jawa Jelang Nataru, Komisi V DPR RI: PUPR Perhatikan Tol Mojokerto-Kertosono Foto: Tol surabaya-mojokerto

KabarOto.com - Sesaat lagi Sobat KabarOto pasti akan libur panjang perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang memanfaatkan hari libur ini untuk berkunjung ke sanak saudara. Perjalanan darat kini tak terasa begitu melelahkan karena sudah banyak jalan tol yang diresmikan.

Baca Juga: Sambut Libur Nataru 2020, Tol di Pulau Jawa Siap Digunakan

Salah satu jalan tol yang jadi primadona sepanjang tahun 2019 adalah tol Trans Jawa. Jelang libur Hari Raya Idul Fitri, tim KabarOto sempat menjajal tol sepanjang 1.167 km. Jelang akhir tahun, pada Jumat (13/12) lalu Kementerian PUPR bersama mitra kerja Komisi V DPR RI meninjau kembali kesiapan ruas tol Trans Jawa.

Tidak ditinjau secara keseluruhan, Kementerian PUPR dan mitra kerja hanya meninjau jalan tol di bagian timur jawa yaitu Tol Surabaya - Mojokerto - Kertosono. Ruas tol sepanjang 74,5 km sudah beroperasi sejak tahun 2017.

Terkait kesiapan infrastruktur jalan jelang libur Nataru 2020 tol Surabaya - Mojokerto - Kertosono kondisi jalannya sudah siap dilalui pemudik, namun ada jalan yang masih harus diperbaiki.

Baca Juga: Pakai Jalan Tol Layang Jakarta - Cikampek II Elevated, Ini Rest Area Terdekat

"Saya minta PUPR memperhatikan ruas jalan Tol Mojokerto-Kertosono perlu ada peningkatan karena masih ada ruas jalan yang bergelombang," jelas Syarief Komisi V DPR RI.

Keadaan jalan bergelombang harus diperhatikan, pasalnya kendaraan yang melintas di jalan bebas hambatan pasti dengan kecepatan tinggi. Tidak hanya kondisi jalan, terkait fasilitas untuk istirahat pemudik dan penerangan jalan juga perlu perhatian.

"Saya melihat beberapa ruas jalan Tol Kertosono masih perlu perbaikan, umpamanya penambahan tempat peristirahatan dan penerangan jalan yang perlu diperhatikan," tambahnya.

Baca Juga: Ini Yang Harus Diperhatikan Di Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II