POPULAR STORIES

Tiongkok Kembangkan Mobil Listrik Tanpa Colok, Isi Baterai Gunakan Tenaga Surya

Tiongkok Kembangkan Mobil Listrik Tanpa Colok, Isi Baterai Gunakan tenaga Surya Mobil dengan Panel Surya (Foto: Autoevolution.com)

KabarOto.com - Mobil listrik mulai dikembangkan oleh pabrikan otomotif seluruh dunia. Pasalnya, kendaraan ramah lingkungan ini akan menggantikan mesin konvensional yang menyumbangkan polusi berbahaya bagi kesehatan manusia.

Tiongkok merupakan salah satu negara yang produktif mengembangkan kendaran listrik berbasis baterai. Berbagai penelitian pun dikembangkan untuk memudahkan penggunanya.

Baca Juga: Inilah Spesifikasi Baterai Mobil Listrik Wuling Air Ev

Dilansir dari Autoevolution, saat ini peneliti asal Tiongkok sedang mengembangkan mobil listrik, dayanya bisa diisi menggunakan tenaga surya (matahari).

Mobil listrik berpanel surya (Foto: autoevolution.com)

pengembangan tersebut tergolong unik, belum ada produsen mobil listrik memikirkan untuk teknologi ini. Bahkan sekelas Tesla. Namun untuk menghadirkan panel surya di dalam mobil, masih menjadi persoalan. Terkait berat kendaraan yang sudah pasti akan bertambah.

Namun, penelitian yang dikembangkan di Tianjin, Tiongkok ini unik, mobil ukurannya mini, mampu mengangkut empat orang, serta dibekali sistem kemudi otomatis, bobot kendaraan menjadi lebih ringan.

Panel suryanya hanya 8,1 meter persegi, bisa menampung tenaga 7,6 kWh dalam kondisi cuaca cerah. Tenaga digunakan untuk mengisi daya baterai Li-ion 330 Wh/kg. Dalam kondisi penuh, mobil bisa melaju sampai 75 kilometer.

Baca Juga: DFSK Tampilkan Satu Mobil Listrik Baru Di PEVS 2022

Mobil ini sudah ditampilkan pada event World Intelligence Confference beberapa waktu lalu. Terdapat 42 perusahaan dan tiga universitas terlibat dalam penelitian dan pengembangan. Hanya lima bulan, para peneliti tersebut membuatnya, hingga ditampilkan ke publik.